Editorial
05 July 2019

10 Kuliner Khas Jakarta yang Rasanya Juara!!!



Hallo sobat C’Lifers! Sudah tahu dong kalau Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya. Salah satu budaya Indonesia dapat dilihat dari keberagaman makanannya. Kali ini Ciputra Life akan kasih beberapa ragam kuliner khas dari Ibukota negara nih. Yap! Jakarta! Simak infonya berikut ini ya. 
 

1. Kerak Telor 

 

(sumber gambar : caramembuat.id)

Siapa yang tidak tahu dengan makanan satu ini? Kamu bisa menjumpai dan mencicipi makanan satu ini di acara festival kota. Kerak telor sendiri berasal dari ketan dan telur bebek yang dimasak kering. Setelah itu untuk memperkaya rasa, biasanya kerak telor diberi bubuk parutan kelapa yang sudah disangrai kering, ebi, dan bawang goreng. Ada bumbu lainnya juga nih sebagai penyedap. Wah benar-benar sedap dan bikin kamu ngiler seharian. 

2. Gado-Gado


(sumber gambar : pergikuliner.com)

Kalau orang bule makannya salad, orang jakarta tentunya punya gado-gado. Hidangan ini terbuat dari sayur-sayuran segar yang sudah dimasak dan diberi bumbu kacang sebagai pelengkapnya. Kamu juga bisa menambahkan lontong atau nasi supaya terasa lebih kenyang. Duhhh bikin perut keroncongan ya.

3. Es Doger

(sumber gambar : resephariini.com)

Es dengan warna yang meriah ini juga merupakan minuman khas Jakarta lho! Santan serut yang dicampur tape, ketan hitam, susu, dan roti tawar ini cocok untuk menghilangkan dahaga di siang hari. 

4. Es Selendang Mayang

(sumber gambar : grid.id)

Es dengan warna hijau pekat ini terbuat dari tepung sagu dan tepung beras yang dicetak ceperti agar-agar. Sebagai pelengkap, es ini diberi gula merah dan juga kuah santan untuk memperkaya rasa. Nyummy!

5. Ketoprak

(sumber gambar : streetsfoods.com)

Hidangan yang satu ini termasuk hidangan setiap waktu nih sobat C’Lifers karena kamu bisa makan makanan yang satu ini di pagi hari, siang hari, sore hari, dan juga malam hari. Tidak jauh berbeda dengan gado-gado, hidangan yang diguyur dengan bumbu kacang ini terbuat dari lontong, bihun, tauge, dan tahu sebagai komposisi utamanya. Wah jadi laper ya!

6. Kue Ongol-Ongol

(sumber gambar : resepkoki)

Ongol-ongol merupakan makanan ringan dengan rasa gurih dan manis. Adanya parutan kelapa menambah cita rasa gurih sedangkan gula aren menjadi bahan yang membuat kue ini terasa manis. Cocok untuk ngemil pagi dan sore kamu nih sobat c’Lifers. 

7. Kue Cucur

(sumber gambar : cookpad.com)

Di negara Jepang terdapat kue manis yang disebut dengan dorayaki. Jakarta juga punya kue yang bentuknya mirip dengan dorayaki lho! Namanya kue cucur. Kue ini berwarna coklat dengan rasa manis dan legit ketika digigit. Hayo siapa suka? 

8. Bir Pletok 

(sumber gambar : respkoki)

Bir pletok bukan minuman keras atau beralkohol yang biasanya ditemukan di warung bar. Bir pletok sendiri merupakan minuman alami yang berasal dari rempah-rempah alami. Banyak kegunaannya lho dari bir pletok ini mulai dari menghangatkan badan hingga mengatasi masalah susah tidur atau insomnia. 

9. Kue Ape

(sumber gambar : pinterest.com)

Kue dengan adonan kering di bagian luar dan lembut di bagian dalam ini terbuat dari tepung terigu yang diberi gula dan daun suji atau daun pandan. Kue ape ini biasanya ditemukan di sekitaran sekolahan. Jadi kalau mau memakan makanan ini bisa nih lihat-lihat di depan sekolahan. 

10. Nasi Uduk Betawi 

(sumber gambar : resepkoki)

Siapa yang sarapan paginya dengan santapan ini? Nasi yang dimasak dengan santan dan bumbu penyedap lainnya memang terasa lebih gurih dan nikmat. Kamu bisa nambahin lauk, sambal kacang dan kerupuk sebagai pelengkapnya. Wah benar-benar nikmat! 

 

Dari kesepuluh makanan di atas mana nih yang jadi makanan favorit kamu? 

 

# Harap berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Ciputra Life
#PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan