Editorial
24 April 2019

Anak Gemuk, Bisa Berlanjut dan Picu Kanker!



Siapa yang tidak gemas melihat buah hati tumbuh besar dengan pipi gembil, perut besar, dan badan yang montok. Tentu sangat menggemaskan bukan sobat C’Lifers? 

Sosok anak-anak dengan badan gempal kerap menjadi incaran orang dewasa karena terlihat dan terkesan menggemaskan. Tapi tahu nggak sih sobat C’Lifers kalau anak dengan berat badan berlebih bisa jadi indikasi obesitas pada anak lho! Walau terlihat menggemaskan, obesitas pada anak justru memiliki dampak buruk untuk kesehatan buah hati.

Mau tahu bahaya kesehatannya?
 

1. Mengalami kelebihan berat badan dan obesitas lanjut di usia dewasa 
Rasa nyaman emang selalu jadi hal yang paling aman dan asik ya. Tapi nyaman dengan berat badan berlebih adalah hal yang harus dihindari loh. Sobat C’Lifers, tahu nggak sih? Menurut penelitian dikatakan bahwa sekitar 40% anak yang obesitas akan menjadi obesitas pada usia dewasa. Wah rasa nyaman yang satu ini kayanya perlu dihindari ya Sobat C’Lifers!

 

2. Penyakit kardiovaskular 
Penyakit yang pada umumnya terjadi adalah penyakit jantung dan stroke. Hal ini terjadi karena adanya plak akibat terkumpulnya lemak berlebih yang menghambat pembuluh darah sehingga membuat kerja jantung menjadi lebih keras yang berakibat pada gangguan jantung dan bisa sampai stroke lho! Biasanya efek ini akan muncul saat usia anak beranjak dewasa. 

 

3. Penyakit diabetes
Penyakit diabetes ini terjadi karena sel dalam tubuh anak tidak merespon insulin sebagai hormon yang memecah glukosa dalam darah ke dalam sel. Akibatnya gula darah dalam tubuh menjadi tinggi. Gula yang dimaksud bukan hanya sekedar gula tebu, gula aren atau gula jagung saja yang umumnya dikenal masyarakat. Makanan yang mengandung karbohidrat sederhana atau makanan manis juga mempunyai kandungan gula tinggi lho seperti tepung, roti, kecap, buah manis, jus, es krim, minuman soda, coklat manis, dan aneka macam kue. Jadi konsumsi makanan seperti ini bisa menjadi pemicu diabetes pada anak loh sobat C’Lifers!

 

4. Gangguan tulang 
Kalian sering dengar penyakit osteoartritis nggak sih? Penyakit ini sering terjadi pada anak dengan berat badan berlebih loh. Hal ini disebabkan karena bobot tubuh yang besar menjadi beban dan tekanan bagi sendi untuk menopang tubuh. Wah kasian ya sendi harus menopang berat badan anak yang terlalu besar.

 

5. Kanker 
Penyakit kanker bisa saja terjadi bagi anak dengan berat badan berlebih loh sobat C’Lifers. Kanker yang sering terjadi adalah kanker usus dan kanker payudara. Biasanya kanker ini memerlukan waktu yang cukup panjang untuk berkembang. Jadi tetap waspada ya C’Lifers jika kamu mempunyai buah hati atau keluarga dengan berat badan anak berlebih. 

 

Tidak ada salahnya memberikan makanan manis maupun enak pada buah hati, tapi kamu juga harus pastiin nih kalau makanan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan. Nah bagi kamu yang mau tahu apakah anak dikatakan kelebihan berat badan atau obesitas bisa di cek dengan kalkulator ini www.cdc.gov/healthyweight/bmi/calculator.html


Yuk jaga terus kesehatan kamu dan keluarga dan jangan lupa tetap berasuransi bersama Ciputra Life yang pasti cepat, aman, dan terpercaya! Kamu bisa beli asuransinya di  www.ciputralife.com

 

# Harap berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Ciputra Life
# PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan