Editorial
25 August 2018

Atasi Kolesterol Tinggi Setelah Idul Adha



Perayaan Idul Adha selalu identik dengan hidangan daging kurban seperti gulai, rendang, tongseng, hingga sate. Namun, nikmatnya berbagai olahan daging kurban janganlah sampai membuat kamu lengah sehingga makan secara berlebihan. Dibalik rasa yang lezat, konsumsi daging yang berlebih dapat mengancam kesehatan kamu.

Seperti yang kita ketahui, daging merah memiliki kandungan lemak tak jenuh dan kolesterol jahat yang dapat memicu risiko gangguan jantung dan pembuluh darah, jika kamu mengkonsumsinya secara berlebihan. Tentunya kamu tidak ingin kan muncul kolesterol tinggi di tubuhmu setelah merayakan Idul Adha?

Berikut ini, adalah hal-hal yang harus kamu perhatikan agar bisa menghindari masalah tersebut:

  • Mengolah daging dengan benar
    Mengolah daging yang benar sangat penting untuk dilakukan. Pilihlah bagian daging yang bebas lemak terlebih dahulu sebelum dimasak. Untuk cara memasaknya bisa dengan cara direbus, dikukus, atau dipanggang menggunakan minyak zaitun.
     
  • Imbangi makan daging dengan mengonsumsi sayur dan buah
    Buah dan sayur memiliki kandungan serat yang sangat ampuh melawan daging. Perbanyak konsumsi buah dan sayur dapat meminimalisir risiko terkena kolesterol. Selain itu, mengonsumsi jus buah-buahan tanpa gula juga dapat membantu untuk mengurangi risiko terkena kolesterol.
     
  • Hindari minuman yang manis dan dingin
    Olahan daging merah saat Idul Adha biasanya mengandung banyak santan. Maka dari itu, kamu tidak disarankan untuk mengonsumsi minuman yang mengandung gula, seperti softdrink. Karena minuman yang manis seperti softdrink memiliki dampak yang tidak baik untuk kadar gula dalam darah. Akan lebih baik jika kamu memperbanyak konsumsi air putih hangat. Tujuannya untuk menetralisir kandungan dalam makanan-makanan bersantan yang kamu santap. Konsumsi air putih hangat akan membantu proses pencernaan makanan berminyak dengan mudah.
     
  • Pastikan kamu telah memiliki perlindungan kesehatan
    Faktanya jika sudah berada dalam usia 36 tahun ke atas, semakin tinggi kemungkinan terkena risiko diabetes dan kolesterol. Selain itu, pasti kamu juga khawatir untuk mempersiapkan dana kesehatan ketika pensiun. Terlebih lagi, biaya berobat saat ini sangat tinggi dan membuat kita ketar – ketir. Kamu bisa memanfaatkan Citra Proteksi Kesehatan Mapan, yang dapat melindungi kamu dari risiko tidak adanya biaya kesehatan. Kamu akan mendapatkan manfaat harian rawat inap rumah sakit dan rawat inap Unit Perawatan Intensif. Kunjungi www.ciputralife.com untuk cari tau fitur dan manfaat lainnya.


Jadi, mulailah bijak untuk tidak mengkonsumsi daging secara berlebihan, agar kamu terhindar dari bahaya kolesterol tinggi. Jaga pola makan yang baik dan jangan lupa berolahraga. Semoga bermanfaat!