Editorial
12 June 2019

Bukan Cuma Dehidrasi! Ini Bahaya Kurang Minum



Untuk sebagian orang, minum adalah cara untuk menghilangkan rasa haus. Tapi kamu tahu nggak sih? Kamu seharusnya minum walau tidak haus karena haus sendiri merupakan tanda kalau kamu sudah dehidrasi. Air menjadi salah satu hal yang penting dalam hidup. Kehilangan cairan dalam tubuh pada manusia dapat menyebabkan kematian. Penelitian dari The Indonesian Regional Hydration Study mengatakan bahwa masih banyak lho masyarakat Indonesia yang kurang minum khususnya di usia 15-55 tahun. 


Wah kira-kira apa yang terjadi ya kalau kita kurang minum? Yuk cek informasinya di bawah ini 

  1. Menurunkan permorma fisik 
    Kamu tahu nggak sih kalau kurang minum dapat menyebabkan performa fisik seperti penurunan daya tahan, selalu merasa kelelahan, merasa tidak mood dan tidak termotivasi. Wah kayanya biar kamu jadi #antiloyoloyoclub harus banget minum dengan cukup nih. 
     
  2. Penurunan kognitif
    Untuk orang yang tinggal di iklim tropis seperti di Indonesia ini, kamu perlu banyak cukup minum lho karena kurang minum dapat menyebabkan perubahan kognisi. Perubahan yang sering terjadi biasanya adalah penurunan konsentrasi, menurunnya sikap ketidakwaspadaan diri, dan gangguan memori jangka pendek maupun panjang. Penelitian ilmiah menyatakan kurang minum juga berdampak pada amarah lho! Wah biar hati tenang, jangan lupa untuk cukup minum ya! 
     
  3. Gangguan fungsi pencernaan 
    Air sangat berfungsi untuk laju penyerapan tubuh lho! Kamu tahu nggak sih kurang minum dapat menyebabkan kamu sembelit. Tanda kamu sembelit kamu bisa dilihat dari pengeluaran kotoran yang sedikit dan keras. Wah kamu tentu gak mau kan buang airnya keras? Yuk perbanyak minum dari sekarang! 
     
  4. Organ ginjal bermasalah 
    Ginjal merupakan salah satu organ penting yang memiliki fungsi untuk mengatur keseimbangan air, tekanan darah, dan penyaringan kotoran dalam darah. Untuk menyaring kotoran atau limbah, ginjal membutuhkan air. Nah jadi kalau kamu kurang minum ginjal tidak dapat berfungsi dengan normal. Adanya penumpukan limbah dalam organ ginjal dapat berisiko untuk merusak ginjal kamu lho! 
     
  5. Sakit kepala 
    Suka sakit kepala? Jangan-jangan kamu kurang minum lho! Kekurangan air bisa jadi penyebab sakit kepala. Beberapa peneliti melakukan pengamatan dengan hasil bahwa kurang air bisa memicu migran dan memperpanjang sakit kepala yang kamu alami. Air putih bisa jadi profilaksis atau cara pencegahan yang tepat bagi orang yang sakit kepala nih! 
     
  6. Masalah pada kulit 
    Kulit manusia mengandung 30% air. Kandungan air dalam kulit berfungsi sebagai kekenyalan, elastisitas, dan ketahanan kulit. Kalau kamu kurang minum akan berpengaruh pada kelembapan kulit kamu sehingga kulit kamu jadi kering. Kulit yang terlalu kering juga memiliki ketahanan yang rendah sehingga mudah mengalami iritasi. Kurang minum juga dapat mempecepat penuaan. Hayoo minum air yang cukup untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulitmu ya! 
     
  7. Penyakit kronis 
    Kamu pernah denger penyakit batu ginjal nggak sobat? Nah beberapa penelitian membenarkan bahwa dengan konsumsi air dapat mengurangi risiko urolitiasis atau endapan batu kristal pada kantung kemih. Kekurangan minum juga dapat meningkatkan risiko untuk kamu terkena penyakit kronis lainnya seperti hipertensi, ketoasidosis diabetic, hiperglikemia, sakit gigi, dehidrasi hipertonik pada bayi hingga penyakit jantung. 
     
  8. Pelumasan pada sendi berkurang 
    Nyeri sendi bukan berarti kamu sudah tua lho! Nyeri sendi dapat disebabkan oleh berbagai hal. Salah satu hal yang dapat menyebabkan sendi kamu terasa nyeri adalah kurang minum dalam jangka waktu yang panjang. Sendi dan cakram tulang yang kekurangan air bisa sewaktu-waktu membuat nyeri sendi lho karena kurangnya pelumasan oleh cairan. 

 

Wah ternyata hal yang sering disepelekan orang banyak justru membahayakan tubuh ya! Pastikan kamu terhidrasi dengan baik ya! Jangan lupa untuk meminum air putih minimal 7-8 gelas perharinya untuk kesehatan tubuh kamu! Kalau kesehatan tubuh saja tidak kamu jaga, bagaimana dengan kesehatan si dia? 

 


# Harap berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Ciputra Life
# PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan