Editorial
13 November 2018

Cari Tahu Letak dan Penyebab Usus Buntu!


Kamu udah sering dengar radang usus yang satu ini? Banyak yang mengira usus buntu disebabkan oleh sumbatan-sumbatan benda asing sisa makanan di usus. Padahal, ternyata nggak lho!

 

(Sumber gambar : https://4.bp.blogspot.com)

 

Mau tahu apa itu sebenarnya penyakit usus buntu? Usus buntu ini merupakan peradangan atau pembengkakan apendiks atau usus buntu.  Nah,  usus buntu ini sendiri adalah organ berbentuk kantong kecil dan tipis banget berukuran 5 hingga 10 cm yang terhubung pada usus besar.  Tapi, kamu tau nggak kalau sampai saat ini, alasan kenapa kita punya usus buntu masih belum diketahui bahkan oleh para dokter?

Biar lebih jelasnya, kenali yuk letak dan penyebab usus buntu berikut ini supaya kita bisa lebih berjaga-jaga!

 

Letak Usus Buntu

Nah, usus buntu atau apendisitis ini letaknya berada kurang lebih 2,5 cm di bawah katup ileusekum. Lebih gampangnya, posisi organ ini secara kasat mata terletak di bagian perut sebelah kanan, tepat garis lurus antara pusat dan tulang panggul. Biasanya, saat sakit perut, dokter akan mengonfirmasi rasa sakit pada perut apakah kamu mengalami usus bantu atau nggak dengan menekan pelan-pelan perut kanan bawah. Ketika tekanan dilepaskan oleh dokter dan kamu merasa perih dan sakit banget di area itu, ada kemungkinan besar kamu mengalami radang usus buntu. Karena itu, jangan abaikan rasa sakit perut yang ada di sebelah kanan perut kamu ya!

 

 

Penyebab Usus Buntu

Radang usus buntu ini disebabkan oleh beberapa faktor lho. Mau tahu apa aja faktor yang menyebabkan radang usus ini?

  1. Sumbatan pada usus buntu. Usus buntu kamu bisa tersumbat juga lho karena feses yang mengeras di pintu usus buntu. Fases yang keras itu merupakan hasil dari kurang baiknya proses yang dilakukan oleh sistem pencernaan kamu. Jadi, mulai sekarang banyak-banyak makan makanan yang mengandung serat ya, seperti sayuran, buah, susu, dan makanan sehat lainnya untuk kelancaran pencernaan kamu!
  2. Kelenjar getah bening yang membengkak dalam dinding usus. Kamu harus hati-hati nih karena penyumbatan ini bisa menyebabkan terjadinya inflamasi dan pembengkakan setelah terjadi infeksi saluran pencernaan atas. Yang lebih gawatnya lagi, tekanan akibat pembengkakan bisa memicu pecahnya usus buntu. Wah, bahaya banget kan?

 

Nah, jadi kalau kamu udah merasa nyeri di bagian perut bawah jangan disepelekan ya! Bisa jadi usus buntu menyerang kamu, dan ada kemungkinan usus bantu kamu harus diangkat atau dioperasi. Tapi, kamu nggak perlu takut, karena dengan berasuransi jiwa dan kesehatan di Ciputra Life, kamu bisa tetap terlindungi dan bebas resiko dengan proses klaim yang cepat! Yuk, cek info dan beli asuransinya di situs resmi Ciputra Life ini www.ciputralife.com

 

Tetap jaga kesehatan dan jangan lupa berasuransi ya supaya kamu tetap dengan lega menjalankan semua aktivitasmu ditambah berbagai keuntungan bersama Ciputra Life!

 

# PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan