Editorial
22 October 2018

Gawat! Ini Yang Terjadi Jika Batuk Kamu Sembarangan



Salah satu penyakit yang paling mengganggu dan menyebalkan adalah BATUK.
Ternyata kalo batuk sembarangan itu sangat berbahaya loh!

 


( sumber foto: pinterest.com )

Terjadinya penyakit batuk menandakan bahwa mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan kurang baik dan timbul suatu gejala penyakit yang menimbulkan reaksi tubuh terhadap iritasi. Ada beberapa jenis batuk yang bisa menjangkiti setiap orang yaitu batuk kering, batuk dengan suara nyaring, batuk basah, batuk berlendir, penyakit yang ditularkan melalui batuk, atau bahkan batuk akibat TBC, Pnemonia, Sars dan Flu burung. Wah, bahaya banget kan semua jenis batuknya? 

Nah, sayangnya banyak diantara kita yang kurang memperhatikan lingkungan sekitarnya, terutama jika batuk sedang menyerang. Sewaktu kita batuk sembarangan tanpa melihat sekeliling, secara tidak langsung sangat menganggu dan bisa menularkan virus kepada orang lain. Misalnya nih, yang tadinya si kecil kesayangan dalam keadaan sehat, bisa aja terjangkit virus batuk yang justru berasal dari kamu sendiri.

 


( sumber gambar: shutterstock.com )

 

Karena itu, yuk kenali beberapa kebiasaan batuk yang kurang baik:

  1. Nggak menutup mulut saat batuk atau bersin di tempat umum.
  2. Nggak mencuci tangan setelah digunakan untuk menutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin.
  3. Buang ludah sembarangan di rumah atau tempat umum.
  4. Membuang atau meletakkan tissue yang udah dipakai di sembarang tempat.

Harusnya yang benar adalah:

  1. Tutup hidung dan mulut kamu dengan menggunakan tissue / sapu tangan pribadi / lengan dalam baju kamu.
  2. Jangan lupa buang tissue yang udah kamu pakai ke dalam tempat sampah secepatnya.
  3. Cuci tangan pakai air bersih dan sabun atau cairan pencuci tangan yang mengandung alkohol supaya kuman-kumannya mati.
  4. Dan, selalu gunakan masker hidung supaya nggak menularkan ke orang lain dan supaya nggak ada debu atau virus lain yang masuk ke dalam hidung kamu.

Meski terdengar sepele, batuk adalah penyakit yang sangat mengganggu. Terlebih jika kamu sedang berada pada aktivitas yang sangat padat serta tak bisa kompromi.

Jika memang penyakitnya terlalu berat, segeralah berobat ke dokter dan pastikan kamu sudah terlindungi dengan asuransi Citra Proteksi Kesehatan dari Ciputra Life, yang akan memberikan rawat inap jutaan rupiah jika memang perlu dirawat di Rumah Sakit. Cukup buka situs CiputraLife.com dan langsung daftar, tinggal klik-klik aja, nggak pake ribet. 

Hayo tetap sehat dan bersih dengan mempraktikkan etika batuk yang baik dan gunakan asuransi yang terpercaya untuk kesehatan kamu. Lihat lebih jelasnya mengenai produk asuransi Citra Proteksi Kesehatan di situs CiputraLife.com.

 

# PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan