Editorial
07 November 2019

Gigi Berubah Warna, Apa Penyebabnya?



Memiliki gaya pakaian yang bagus, kondisi rambut yang mudah diatur, warna gigi yang putih bersih, dan kemampuan mengoleskan lipstik dengan baik dan rapih menjadi faktor yang bisa membuat kamu berpenampilan menarik. Namun tidak semua orang memiliki kemampuan di atas. Kali ini Ciputra Life akan memberikan kamu informasi mengenai penyebab warna gigi yang menguning dan cara mengatasinya untuk penampilan kamu yang lebih menarik. Yuk simak informasi di bawah ini  : 

  1. Genetik
    Warna kekuningan pada gigi dipengaruhi oleh genetik. Tingkat ketebalan enamel dan warna gigi orang tua juga mempengaruhi tingkat enamel pada anaknya. Semakin tipis lapisan enamel maka akan semakin mudah warna gigi berubah menjadi kekuningan. Hal tersebut terjadi karena dentin yang merupakan bagian penting dari gigi yang berada di bawah email atau enamel gigi mengeluarkan warna kekuningan atau kecoklatan pada permukaan gigi. 
     
  2. Usia 
    Usia juga menjadi salah satu faktor yang dapat membuat gigi kamu berubah menjadi kekuningan. Semakin menua usia kamu maka lapisan enamel gigi kamu akan mengikis dan menyebabkan warna kekuningan dari dentin akan semakin terlihat kepermukaan.
     
  3. Kebiasaan Merokok 
    Pola hidup juga mempengaruhi warna gigi kamu lho! Salah satu pola hidup yang dapat memperngaruhi warna gigi adalah kebiasaan merokok. Kandungan nikotin dalam rokok dapat meninggalkan noda kekuningan atau kecoklatan pada gigi kamu. Jadi bukan hanya paru-paru saja yang terkena dampaknya, gigi kamu juga bisa berubah warna kekuningan bahkan kecoklatan.
     
  4. Pengaruh Makanan dan Minuman
    Ada beberapa makanan dan minuman yang dapat membuat permukaan gigi terlihat kuning atau kecoklatan, diantaranya adalah kopi, teh, minuman soda, minuman beralkohol, makanan bersantan seperti kari, dan buah-buahan seperti beri. Makanan dan minuman tersebut mengandung pigmen yang dapat melekat pada permukaan enamel gigi dan meninggalkan noda sehingga gigi akan terlihat kekuningan/kecoklatan. 


Nah itu dia penyebab kenapa warna gigi bisa berubah menjadi kekuningan bahkan kecoklatan. Tapi kamu tidak perlu khawatir kamu bisa mencegah gigi kekuningan dengan cara berikut : 

  • Floosing 
    Kamu bisa membersihkan gigi menggunakan benang kamu seusai menggosok gigi untuk memastikan tidak ada sisa noda tersisa di gigi kamu
  • Menggosok gigi setelah makan dan minum 
    Nah hal ini tentuperlu kamu lakukan dengan rutin untuk mencegah penumpukan noda pada gigi. Apalagi kamu sering mengkonsumsi minuman dan makanan yang dapat meninggalkan noda pada gigi 
  • Berkumur
    Kamu juga bisa menggunakan obat kumur agar gigi kamu bersih dari noda yang melekat  
  • Menggunakan pasta gigi khusus perokok atau peminum kopi 
    Bagi perokok dan orang yang gemar meminum kopi, lebih baik kamu memilih pasta gigi khusus yang dapat memberikan efek memutihkan gigi
  • Penggunaan baking soda dan hydrogen peroxide
    Menurut penelitian, penggunaan baking soda dan hydrogen peroxide dapat membuat gigi menjadi lebih putih. Kamu bisa mencampurkan baking soda atau hydrogen peroxide saat kamu menggosok gigi. Kamu juga bisa menggunakan madu karena di dalamnya mengandung hydrogen peroxide yang bisa mencerahkan warna gigi

 

 

#Harap berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Ciputra Life 
#PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diaawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan