Editorial
31 May 2019

Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2019



Tepat hari ini diperingati sebagai hari tanpa tembakau sedunia. Badan Kesehatan Dunia atau WHO menjadikan hari ini sebagai hari tanpa tembakau dengan tujuan untuk meningkatkan kepekaan masyarakat tentang dampak yang ditimbulkan dari konsumsi tembakau untuk kesehatan paru. 

Di Indonesia sendiri, tembakau membunuh sekitar 225.720 orang setiap tahunnya. Wah angka yang cukup fantastis ya? Penggunaan tembakau yang dapat membahayakan kesehatan pun beragam lho mulai dari rokok, kretek, mengunyah tembakau, menyirih, vaping, dan lain sebagainya. Badan kesehatan dunia telah menyebutkan beberapa dampak yang dapat terjadi dari konsumsi tembakau lho. Yuk simak penjelasannya berikut ini : 
 

1. Kanker paru 
Paru-paru menjadi organ utama yang menjadi target kerusakan organ akibat tembakau. Kamu pasti sudah lihat dong gambar-gambar menyeramkan yang ada di bungkus rokok? Nah itu bukan mitos atau gambar asal lho! Faktanya, merokok menjadi penyumbang utama kanker paru lho! Tidak hanya yang merokok, perokok pasif atau orang yang terkena asap rokok juga berisiko tinggi untuk terkena kanker paru. Wah ternyata penggunaan tembakau memang perlu dihindari dan dikurangi ya sobat C’Lifers! 

2. Penyakit paru kronik 
Pada perokok berat biasanya mereka sering mengalami gejala seperti sakit ketika batuk, napas yang berat, dan sesak. Ini perlu dicurigai lho! Bisa jadi itu tanda dari penyakit paru kronik. Pada dasarnya penyakit ini memang menyerang sebagian besar perokok. 

3. Membahayakan kehidupan 
Tembakau tidak hanya membawa racun pada orang dewasa. Konsumsi tembakau khususnya rokok dapat menyebabkan asma, pneumonia, dan bronchitis pada bayi maupun anak-anak. Racun dari tembakau juga dapat mengurangi perkembangan dan fungsi paru. 

4. Penyakit infeksi 
Paru-paru yang rusak akibat konsumsi tembakau ternyata dapat membuat tubuh menjadi rentan pada penyakit infeksi lainnya lho! Dengan merokok imunitas tubuh juga akan berkurang. 

5. Polusi udara 
Tidak hanya berbahaya bagi manusia, efek tembakau juga berbahaya bagi alam. Khususnya asap pada rokok ternyata mengandung 7000 zat kimia dimana 69 zat yang ada dikenal sebagai penyebab kanker. Asap yang ditimbulkan dari rokok ini juga dapat bertahan sampai 5 jam sehingga bukan hanya manusia saja nih yang terganggu. Alam seperti tumbuhan dan hewan pun dapat terganggu.

 

Wah ternyata penggunaan tembakau cukup serius dan berbahaya nih sobat C’Lifers! Jangan lupa untuk hidup sehat dan lengkapi hidup sehatmu dengan jaminan kesehatan dari Ciputra Life. Asuransi lokal di Indonesia yang menawarkan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan kamu tanpa ribet dan nunggu waktu lama. Buruan beli sekarang! Dan ingat! pembelian hanya dapat dilakukan di www.ciputralife.com

 


# Harap berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Ciputra Life
# PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan