Editorial
09 November 2018

Hati-hati! Ini 4 Tips Aman Berbelanja Online!



Hayo, kamu suka banget liat-liat atau berbelanja online di website atau e-commerce yang lagi happening apalagi dengan diskon dimana-mana? Hati-hati lho, karena penipuan bisa aja terjadi bahkan di online shop!

 

(Sumber gambar : https://wolacom.com)

 

Nah, sebelum kamu mau berbelanja online mendingan kamu ketahui dulu beberapa hal supaya kamu nggak ketipu atau terkena rugi! Ini dia 4 tips aman berbelanja online yang bisa menjadi acuan kamu sebelum kamu mendaftar atau berbelanja online!

 

1. Jangan Sembarangan Memberikan Informasi Pribadi

Saat kamu mau mendaftar atau sebelum melakukan pembelian online biasanya akan diminta untuk mengisi beberapa data, mulai dari nama, alamat untuk tujuan pengiriman. Tapi, online shop biasanya menggunakan informasi tersebut untuk meningkatkan penjualan. Nah, kamu nggak mau kan informasi pribadi kamu tersebar luas? Jadi, pastikan website online shop benar-benar terjamin ya dan jangan pernah memberikan jawaban yang dirasa mencurigakan!

 

2. Lakukan Riset tentang Website Online Shop / E-Commerce

Nah, sebelum berbelanja, pastikan nomor telepon si penjual bisa hubungi atau sering melakukan chat dengan penjual di website E-commerce. Coba cari beberapa ulasan dari konsumen yang pernah berbelanja di website pencarian Google supaya kamu lebih yakin. Hal ini penting banget lho!

 

3. Pastikan Pesanan dan Deskripsi Produk Sudah Benar

Nah, tips aman lainnya yaitu periksa paket barang dan jangan lupa baca deskripsi produk dengan cermat. Hati-hari dengan barang bermerek yang dijual dengan potongan harga yang besar walaupun menggiurkan banget. Bisa jadi barang tersebut palsu, atau penjualnya sekadar ingin mendapatkan uangmu. Wah, gamau kan kena tipu si penjual?

 

4. Jangan Mudah Tergoda Barang Murah

Kamu gampang tergoda dengan barang-barang yang lucu dan imut? Jangan buru-buru tertarik dengan tawaran barang dengan harga murah yang datang dari e-mail, apalagi meminta ID dan password tanpa izin dari pemilik e-mail. Itu biasanya kerjaan spammer. Tapi hati-hati, spammer bisa juga merayu lho! Gawat banget kan?

 

(Sumber gambar : http://cdn2.tstatic.net)

 

Nah, mulai sekarang hati-hati ya dalam berbelanja online! Perhatikan dulu informasi tentang E-commerce atau online shop tersebut dan jangan sembarangan memasukkan informasi pribadi. Supaya, belanja online kamu lebih puas ditambah dan kesehatan kamu lebih terlindung, Ciputra Life lagi ngadain promo “November Meriah”. Tinggal beli asuransi di www.ciputralife.com dan bisa langsung dapatkan  voucher Tokopedia sampai 250ribu berupa Gift Card yang bisa kamu redeem di Toko Cash kamu! Tertarik? Yuk, cepetan cek promonya di https://www.ciputralife.com/promo/read/november-meriah-gratis-voucher-tokopedia-250-ribu cuma di bulan November ini!

 

# PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan