Editorial
10 November 2018

Hati-hati! Ini Dia Fase dan Cara Mengatasi Kaki Gajah!



Pada bulan Oktober 2018 ini, banyak rumah sakit dan puskesmas yang mengadakan penyuluhan dan kampanye tentang bahaya dan cara memberantas kaki gajah.

 

Sumber : http://www.enesis.com/uploads/234.jpg

 

Kamu sudah mengetahui apa itu penyakit kaki gajah belum? Penyakit kaki gajah atau disebut lymphatic filariasis disebabkan oleh cacing Filariodidea. Ketika nyamuk mengisap darah seseorang yang mengandung cacing filaria, maka cacing tersebut akan menginfeksi nyamuk. Selanjutnya, nyamuk yang telah terinfeksi ini akan menyebarkan cacing filaria ketika menggigit orang lain dan larvanya akan tinggal di dalam pembuluh getah bening. Di dalam pembuluh getah bening inilah larva cacing filaria akan tumbuh dewasa dan berkembang biak.

Penyakit kaki gajah biasa ditemukan di wilayah tropis, seperti Indonesia, karena Indonesia merupakan tempat yang nyaman bagi nyamuk untuk berkembang biak dengan udara yang hangat. Berikut ini beberapa fase-fase kaki gajah yang harus kamu dan keluarga ketahui :

 

1. Fase Tanpa Gejala

Pada fase ini, seseorang tidak akan langsung menunjukkan gejala tertentu. Tapi, sebenarnya sedang terjadi kerusakan sistem aliran getah bening dan limpa, seiring terjadinya perubahan pada sistem kekebalan tubuh penderita.

2. Fase Akut

Ditandai dengan adanya peradangan pada kulit, kelenjar getah bening, dan pembuluh getah bening, yang biasanya menyertai pembengkakan kelenjar getah bening. Gejala-gejala yang dapat muncul pada fase akut ini meliputi demam, pembengkakan kelenjar getah bening, dan pembengkakan pada tungkai kaki penderita.

3. Fase Kronis

Pada fase kronis, pembengkakan jaringan limfa dan penebalan kulit pada kaki dan zakar bisa terjadi. Pada wanita, dapat terjadi pembengkakan pada payudara dan organ kelamin dengan rasa nyeri.

 

Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Kaki Gajah

Sumber : http://www.rumahhokie.com/beritaproperti/wp-content/uploads/2018/06/tips-bersihkan-rumah-pasca-mudik-Rumahhokie.jpg

 

Karena penyakit ini disebabkan oleh nyamuk yang sebagai perantara, sangat penting untuk memastikan lingkungan kita bebas dari sarang nyamuk. Membersihkan lingkungan agar nyamuk tidak bersarang, tidur dengan memakai kelambu, memakai pakaian panjang saat beraktivitas di luar rumah, mengoleskan penangkal nyamuk dan obat cacing rutin setiap tahun merupakan cara pencegahan terbaik.

Pengobatan yang bisa dilakukan ketika seseorang terkena kaki gajah yaitu dengan mengonsumsi obat antiparasit, seperti albendazole dan ivermectin, atau bersama diethylcarbamazine citrate. Obat-obatan ini efektif untuk membersihkan darah dari mikrofilaria, sekaligus mencegah penyebaran kepada orang lain. Untuk membasmi cacing dewasa, dapat digunakan obat doxycycline. Pemakaian obat tersebut juga berperan sebagai pencegahan terhadap penularan kaki gajah di masyarakat dengan berbagai aktivitas.

 

Pada dasarnya semua orang rentan terkena penyakit kaki gajah ini. Karena itu, setiap orang harus waspada dan melakukan pencegahan sejak dini dengan menjaga kebersihan lingkungan dan kebersihan diri. Agar lebih aman dan terjamin, kamu bisa berasuransi kesehatan di Ciputra Life dengan harga yang terjangkau dan proses yang mudah dan cepat, dan pasti perlindungannya. Yuk, daftar sekarang di situs www.ciputralife.com 

 

# PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

 

Sumber artikel :

https://www.alodokter.com/siapa-bilang-kita-aman-dari-kaki-gajah

https://mediskus.com/penyakit/penyebab-penyakit-kaki-gajah-dan-cara-mencegahnya