Editorial
21 August 2018

Ingin Naik Haji di Usia Muda? Yuk Cari Tahu Caranya!



Menunaikan ibadah haji merupakan impian bagi seluruh umat muslim di dunia. Dengan menunaikan ibadah haji, umat muslim telah menunaikan rukun Islam yang ke lima. Namun melaksanakan ibadah haji bukanlah hal yang mudah. Tidak dapat dipungkiri bahwa biaya naik haji masih tergolong mahal, apalagi untuk anak-anak muda yang baru saja mendapatkan pekerjaan pertama. Hal ini membuat kesadaran untuk mendaftar haji di usia muda masih sangat rendah.

Meski begitu, tingginya biaya ibadah haji dapat disiasati dengan beberapa cara yang bisa kamu terapkan bahkan untuk kamu yang masih muda sekalipun. Berikut adalah tipsnya:

  • Memperhitungkan estimasi biaya kenaikan Haji
    Seperti yang kita ketahui bahwa keadaan ekonomi kita yang masih belum stabil, bisa berdampak pada naik turunnya biaya untuk pergi. Akibatnya, biaya pergi haji sewaktu-waktu bisa mengalami kenaikan karena beberapa faktor. Kamu harus mulai memperhitungkan estimasi biaya kenaikan tersebut, agar dapat menyimpan uang dalam jumlah yang tepat
     
  • Menargetkan waktu kapan kamu akan berangkat
    Setelah kamu mendapatkan angka estimasi biaya haji, saatnya mulai menabung. Bukan hanya menetapkan target jumlah uang yang harus terkumpul, kamu juga harus menargetkan jangka waktu keberangkatan. Perhitungan jangka waktu keberangkatan kamu memang tidak akan pasti. Tergantung jumlah antrian jamaah haji yang ada dari tahun ke tahun. Namun dengan kedisiplinan dan perhitungan yang cermat, cita-cita pergi haji di usia muda sangat mungkin terwujud. 
     
  • Mulai menyisihkan uang untuk ditabung
    Dengan perhitungan estimasi biaya kenaikan haji pada poin pertama, saatnya kamu untuk mulai menabung. Dalam hal menabung dan jangka waktu keberangkatan yang telah ditetapkan, tentunya dana untuk tabungan kamu juga harus dimaksimalkan. Sisihkan gaji setiap bulan sebagai tabungan. Jika ada bonus atau pemasukan tambahan, sebagian uangnya juga bisa kamu sisihkan ke dalam tabungan. Semakin banyak kamu menabung akan semakin baik karena kebutuhan di masa depan tidak akan ada yang tahu. 
     
  • Lindungi diri dengan Asuransi Kesehatan
    Ketika kamu memutuskan ingin pergi haji di usia muda, maka hal yang harus kamu pikirkan selanjutnya adalah bagaimana mengatur keuangan di masa sekarang dan nanti. Memiliki asuransi adalah salah satu cara untuk melindungi perencanaan keuangan kamu di masa depan. Citra Proteksi Kesehatan Aktif, produk asuransi kesehatan milik Ciputra Life juga bisa menjadi salah satu pilihan terbaik asuransi kesehatan kamu. Tidak hanya harga yang terjangkau, Citra Proteksi Kesehatan Aktif memberikan banyak manfaat lainnya, seperti: penggantian biaya rawat inap rumah sakit dan ICU karena sakit atau kecelakaan dan pengembalian premi hingga 110%. Jika kamu ingin tahu lebih lanjut, klik: www.ciputralife.com


Itulah beberapa cara yang bisa kamu terapkan jika kamu ingin pergi haji di usia muda. Manfaatkan usia kamu yang masih muda dengan sebaik-baiknya. Fisik sehat yang kamu miliki sekarang merupakan modal yang sangat penting bagi masa depan kamu. Sepanjang tidak mengganggu pekerjaan kamu, lakukan apa saja untuk menambah tabungan haji kamu. Semoga keinginan kamu untuk pergi haji di usia muda segera terwujud ya!