Editorial
05 December 2017

Ini Informasi Yang Harus Dicari Tahu Sebelum Daftar Asuransi Kesehatan



Photo credit: RawPixel

Memilih membuat asuransi bukanlah sebuah perkara yang mudah. Mengingat begitu banyak hal yang harus dipertimbangkan sering kali memunculkan pertanyaan atau permintaan untuk meminta panduan untuk menemukan jenis asuransi kesehatan yang paling tepat untuk dirinya dan keluarga. Tak jarang seseorang bingung mana yang harus mereka pilih, apakah asuransi kesehatan hanya dari tempat bekerja atau membelinya sendiri sebagai tambahan perlindungan.

Asuransi kesehatan menjadi sesuatu hal yang penting, karena jika Kamu mengalami keadaan darurat, maka terkadang pertimbangan biaya Rumah Sakit yang tidak murah menjadi pertimbangan Kamu mendapatkan penanganan kesehatan yang terbaik. Lalu, kira-kira apa saja yang harus dipertimbangkan sebelum Kamu mendaftarkan diri ke asuransi kesehatan? Berikut penjelasannya.

Apakah asuransi kesehatan memiliki manfaat Rawat Jalan dan atau Rawat Inap?

Berbicara soal pelayanan kesehatan, pastinya Kamu kenal dengan istilah Rawat Jalan dan Rawat Inap. Manfaat asuransi yang bisa menjamin Rawat Jalan seringkali dirasakan lebih penting oleh banyak orang. Tapi tahukah Kamu, bahwa asuransi yang bisa menjamin Rawat Inap juga sangatlah penting.  

Seringkali pentingnya Rawat Inap diabaikan, padahal Rawat Inap merupakan perawatan kesehatan yang lebih memiliki risiko tinggi dan biaya yang lebih mahal. Nah, Kamu sebaiknya memilih asuransi kesehatan dengan manfaat Rawat Inap sebagai produk asuransi kesehatan utama Kamu, yang dapat kamu beli sendiri sebagai tambahan asuransi dari asuransi yang telah diberikan oleh kantor kamu

Apakah asuransi kesehatan dengan manfaat Rawat Inap akan mengganti seluruh tagihan Rumah Sakit saya?

Produk asuransi kesehatan cukup beragam manfaatnya. Pasti cukup membingungkan buat Kamu yang baru pertama kali berkenalan dengan produk asuransi, terutama produk asuransi kesehatan. Terlepas dari apa manfaat yang ditawarkan oleh Perusahaan Asuransi melalui produk asuransi kesehatannya, pastikan manfaat produk kesehatan yang Kamu beli adalah sesuai dengan kebutuhan Kamu. Dengan manfaat penggantian biaya harian Rawat Inap, pastinya cukup fleksibel untuk memenuhi kebutuhan Kamu.

Penggantian biaya harian Rawat Inap adalah salah satu manfaat asuransi kesehatan yang sangat direkomendasikan buat Kamu yang suka mengontrol pengeluaran dan merencanakan keuangan. Pihak Asuransi akan memberikan penggantian biaya harian Rawat Inap yang telah Kamu pilih dikalikan dengan jumlah hari rawat inap di Rumah Sakit yang tercatat dalam tagihan Rumah Sakit.

Sebagai contoh, bila Kamu memilih penggantian biaya harian Rawat Inap adalah 1 (satu) juta rupiah/ hari, dan dirawat di Rumah Sakit selama 3 (tiga) hari, maka Pihak Asuransi akan membayarkan nilai klaim Kamu sebesar 3 (tiga) juta rupiah, walaupun total tagihan Rumah Sakit Kamu hanya 1 (satu) juta rupiah.

Apakah asuransi kesehatan dengan manfaat penggantian biaya harian Rawat Inap dapat mengganti klaim yang sudah dibayarkan oleh kantor saya?

Ya, terkadang memiliki fasilitas asuransi kesehatan dari kantor membuat kita cenderung merasa tidak perlu untuk menambah produk asuransi kesehatan. Tapi, apabila ada produk asuransi kesehatan yang Kamu dapat mengganti klaim yang sudah dibayarkan kantor? Menarik bukan, selain mendapatkan perawatan yang baik tanpa mengeluarkan biaya karena dibayarkan oleh asuransi kesehatan kerjasama dengan kantor tempat bekerja, juga mendapatkan extra uang tambahan dari klaim penggantian biaya harian Rawat Inap yang dapat menerima fotocopy legalisir tagihan Rumah Sakit. Sstt, bisa dipakai buat uang saku pemulihan diri setelah sakit, alias shopping, alias belanja.

Apakah asuransi kesehatan yang saya beli apabila saya sudah klaim premi yang sudah saya bayarkan hilang atau hangus?

Produk asuransi kesehatan yang menawarkan pengembalian premi sampai dengan 100% ketika tidak ada klaim bisa Kamu jadikan pilihan. Tapi kalau ada yang menawarkan pengembalian premi sampai dengan 110% apabila tidak ada klaim alias sehat-sehat aja, Kamu harus ambil! Apalagi apabila ada fitur tambahan jaminan premi tetap dikembalikan 100% apabila Kamu klaim. Produk asuransi kesehatan dengan fitur ini sangat direkomendasikan deh buat Kamu yang peduli sama pelayanan kesehatan prima ketika Kamu sakit, tetap dibayarkan klaimnya walaupun sudah dilunasi kantor/asuransi lain, dan mau premi yang Kamu bayarin menjadi tabungan, yang bisa balik 110% kalau Kamu selalu dalam keadaan sehat.

Nah, itulah beberapa panduan atau hal yang harus Kamu ketahui sebelum Kamu memilih asuransi. Pemilihan asuransi tidak boleh sembarangan, pastikan Kamu pun sudah memilih asuransi yang membantu Kamu untuk menutupi biaya kebutuhan, bukan justru membuat Kamu mengeluarkan biaya lebih banyak dari sebelumya. Oleh karena itu bersama Ciputra Life, Kamu bisa mendapatkan produk Citra Proteksi Kesehatan yang didesign khusus buat Kamu yang bercita rasa tinggi terhadap kebutuhan asuransi kesehatan.