Editorial
20 December 2017

Jalan-jalan Keluarga Tidak Hanya Bagus Untuk Anak-anak, Tetapi Juga Orang Tua



Kapan terakhir Kamu sekeluarga pergi jalan-jalan bersama? Apakah sudah sudah lebih dari satu tahun yang lalu? Atau bahkan lebih? Mengatur jadwal pergi atau hanya sekedar bermain di luar rumah bersama keluarga kian lama memang kian sulit, apalagi ketika anak-anak sudah mulai tumbuh dewasa. Hal ini pun diperparah dengan kesibukanmu sebagai orangtua yang seakan tidak pernah habis.

Padahal, pergi jalan-jalan bersama keluarga merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat dan patut untuk diutamakan. Menghabiskan waktu bersama keluarga dengan bermain atau pergi keluar rumah sangat baik untuk memperbaiki hubungan antar anggota keluarga menjadi lebih sehat dan positif. Tidak hanya itu, masih banyak manfaat lain yang ditawarkan dari kegiatan jalan-jalan bersama keluarga. Berikut 4 diantaranya!

Family bonding

Manfaat pertama yang sudah pasti didapatkan dari kegiatan jalan-jalan keluarga adalah family bonding, atau mempererat hubungan antara anggota keluarga itu sendiri. Seiring berjalannya waktu, anak-anak akan tumbuh dewasa dan mulai mengenal dunianya sendiri. Tidak sedikit yang secara perlahan mulai menomor duakan keluarganya. Kegiatan jalan-jalan keluarga inilah yang bisa membantumu untuk mempererat kembali ikatan dengan anak-anakmu.

Selain itu, mengadakan jadwal untuk pergi jalan-jalan bersama keluarga juga bisa memberi manfaat bagi perkembangan apresiasi anak dan anggota keluarga terhadap alam. Ada sebuah penelitan yang menunjukkan kalau mengadakan kegiatan di luar rumah bersama bisa memberikan manfaat bagi orang di segala umur. Biasanya, orang yang sering menghabiskan waktu di luar rumah akan lebih bahagia, lebih sehat, dan jauh dari stress.

Membuat memori indah baru

Poin satu ini sudah pasti sangat bermanfaat bagi si kecil dan keluarga. Ada banyak hal dan pengalaman baru yang bisa didapatkan oleh setiap anggota keluarga terutama si kecil ketika mengadakan jalan-jalan bersama keluarga di tempat yang baru. Pergi berkemah bisa menjadi salah satu pilihan utama untuk rencana liburan Kamu bersama keluarga selanjutnya.

Melalui berkemah, Kamu bisa memperlihatkan kepada si kecil bagaimana indahnya dan serunya bersantai di alam bebas. Bagi anggota keluarga sendiri, pergi berkemah bisa menjadi pelepas lelah dari hiruk pikuk pekerjaan dan rutinitas sehari-hari.

Anak bahagia, orang tua bahagia

Tidak hanya sekedar memberikan kenangan indah baru untuk setiap anggota, kegiatan liburan bersama keluarga menawarkan sesuatu yang lebih dari itu. Pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli mengungkapkan kalau liburan keluarga bisa menjadi ‘jangkar kebahagiaan’ bagi tiap anggota.

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2015 oleh Family Holiday Association mengungkapkan kalau 49 persen memori paling bahagia yang pernah seseorang alami adalah ketika mereka sedang berlibur bersama keluarganya. Bahkan sekitar sepertiga dari responden tersebut mengatakan pula kalau mereka masih bisa ingat dengan jelas bagaimana detil liburan mereka bersama keluarganya.

Selain itu, liburan juga menjadi salah satu kegiatan yang paling berharga bagi anak-anak baik pada saat ini dan di masa depan. Bayangkan saja, momen berbagi es krim bersama si kecil ketika berlibur bisa sangat berharga bagi si kecil. Oleh karena itu, jika Kamu ingin menghabiskan uang Kamu untuk si kecil, lebih baik gunakan saja untuk mengajaknya berlibur bersama. Jika si kecil bahagia, maka orang tua tentu akan bahagia juga, kan?

Ajang relaksasi dan santai

Orang tua dan anak-anak tentu setiap harinya sudah menghadapi begitu banyak hal dan kesibukan yang membuatnya lupa untuk meningkatkan hubungan antara keduanya. Nah, kegiatan berlibur bersama keluarga merupakan cara paling ampuh untuk melupakan sejenak kesibukan tersebut dan bersantai sejenak.

Entah Kamu ingin pergi keluar rumah atau sekedar bersantai di rumah, nikmatilah liburan sepuasnya. Lakukan hal-hal yang Kamu tidak biasanya dilakukan bersama keluarga. Pergi liburan berarti Kamu dan keluarga harus bersenang-senang tanpa khawatir.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa Kamu dapatkan ketika mengajak keluarga berlibur atau jalan-jalan. Jika Kamu sekeluarga ingin pergi liburan di luar kota dan ingin merasa lebih aman dan nyaman, perlindungan asuransi Credit Protection Maxima yang juga bisa membantu melindungi aset berharga seperti mobil keluarga. Selamat berlibur.