Editorial
10 September 2019

Kekinian! Intip Dampak Buruk Vape



Vape atau yang lebih dikenal dengan rokok elektronik ini semakin lama semakin banyak diminati oleh sebagian masyarakat Indonesia, terutama kaula muda. Biasanya vape dijadikan sebagai barang yang selalu menemani generasi muda untuk nongkrong dengan kerabat maupun pasangan. 


Vape sendiri awalnya ditemukan tahun 1963 oleh Helbert A Gilbert dan dikembangkan oleh Hon Lik sampai sekarang ini menjadi rokok elektrik dengan bermacam rasa. Sebagian orang menjadikan vape sebagai pengganti rokok dan media menghilangkan kebiasaan merokok. Eits….tunggu dulu lihat info bahaya vape di bawah ini yuk : 

  1. Menyebabkan adiksi atau kecanduan 
    Sama halnya dengan rokok konvensional, vape atau rokok elektrik juga mengandung nikotin. Kadar nikotin inilah yang membuat kamu menjadi kecanduan untuk menggunakan rokok elektrik lagi. Apalagi dengan sari rasa yang ditawarkan, kamu akan semakin penasaran untuk mencoba rasa lainnya. 
     
  2. Iritasi
    Dalam rokok elektrik mengandung propylene glycol dengan konsentrasi tinggi yang dapat menjadi penyebab iritasi jika dihirup. Nah bahaya banget nih kalau zat ini dihirup oleh kamu dan orang sekitarmu. 
     
  3. Merusak jaringan
    Dari test Food and Drug Administration (FDA), beberapa produk dari rokok elektronik juga mengandung diethylene glycol atau zat kimia yang bersifat toxic atau beracun. Racun yang terkandung dalam rokok ini dapat merusak jaringan dalam tubuh. 
     
  4. Menyebabkan kanker 
    Berdasarkan “a systematic review of health effects of electronic cigarettes” oleh WHO (World Health Organization), rokok elektrik dapat menyebabkan kanker lho! Hal ini dibuktikan dari penelitian yang dilakukan kepada pengguna rokok elektronik yang diperiksa urinnya dan terindikasi mengandung racun dan bahan karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker.
     
  5. Membahayakan perkembangan janin 
    Bukan hanya berbahaya bagi yang menghisap asapnya, vape atau rokok elektrik juga berbahaya bagi tumbuh kembang bayi. Jadi ibu dalam kondisi hamil perlu hati-hati dengan paparan uap dari rokok elektrik ini nih! 


Nah itu dia dampak buruk dari rokok elektrik nih sobat C’Lifers. Yuk mulai sayangi kesehatan diri kamu dari sekarang. Jaga sehat saat muda, tuai bahagia di usia tua. 


Sumber : 
A systematic review of health effects of electronic cigarettes in 2015 by WHO 



# Harap berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Ciputra Life
#PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan