Editorial
14 May 2019

Kenali, Penyakit Cacar Monyet dan Gejalanya!



Belakangan ini, dunia kesehatan dihebohkan dengan berita adanya cacar monyet. Sebenarnya cacar monyet itu apa sih? Apakah cacar monyet cuma bisa terjadi pada binatang monyet saja? Yuk simak penjelasannya di bawah ini! 

 

Cacar monyet adalah penyakit yang disebabkan oleh Monkeypox virus (MPV) dan ditularkan melalui binatang ke manusia. Binatang yang dapat menularkan penyakit ini antara lain hewan primata seperti monyet dan hewan pengerat seperti tikus, tupai, dan kangguru. Dan kamu tahu nggak sih sobat C’Lifers kalau sebenernya penyakit ini sebelumnya sudah pernah terjadi di tahun 1970 di Congo, 2003 di USA, dan 2017 di Nigeria? Wah ternyata virus dan penyakit ini muncul lagi ya

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), cacar monyet memiliki gejala yang hampir mirip dengan cacar pada umumnya walaupun gejalanya lebih ringan. Gejala dan tanda dari cacar monyet bisa kamu ketahui sejak awal lho sobat C’Lifers seperti berikut :
 

1. Periode awal 
Pada periode awal, gejala yang bisa dirasakan antara lain demam, sakit tenggorokan, sering sakit kepala, sesekali batuk, mual dan muntah, nyeri punggung dan otot, pembengkakan pada kelenjar dan tubuh terasa lemah.
2. Periode akhir 
Pada periode ini biasanya muncul bitnik kemerahan setelah 1-3 hari demam. Kemerahan ini dapat menyebar ke seluruh tubuh. Tubuh yang paling sering terserang adalah wajah dan tungkai seperti lengan kaki dan tangan. Tidak sampai disitu, biasanya kemerahan ini akan berubah bentuk menjadi bulatan yang berisi air seperti cacar pada umumnya. 

Penularan dari penyakit ini bisa terjadi dari beberapa cara berikut : 

  • Melakukan kontak melalui darah, cairan maupun terkena cakaran dari hewan yang terinfeksi virus cacar monyet 
  • Memakan daging hewan yang telah terinfeksi virus cacar monyet 
  • Menghirup dahak atau ludah dari orang yang terinfeksi virus cacar monyet 
  • Bersentuhan dengan luka dari orang yang telah terinfeksi virus cacar monyet 
  • Penularan virus dari plesenta ibu ke anak 

Wah sepertinya kamu sudah harus dan sudah waktunya untuk terapin pencegahan untuk terhindar dari penyakit ini. Kira-kira bagaimana ya cara pencegahannya?

Penyakit ini dapat dicegah dengan : 

  • Selalu mencuci tangan setelah melakukan kegiatan terutama sebelum makan, sebelum memasak, sesudah dari toilet dan sesudah menjenguk orang sakit
  • Menggunakan alat pelindung diri seperti sarung tangan saat memegang hewan yang sakit 
  • Memperhatikan apa yang dikonsumsi

 

Kalau kamu merasakan gejala dan tanda-tanda seperti yang sudah disebutkan, kamu harus segera konsultasi ke dokter ya. Penyakit yang sudah ada saja bisa timbul lagi, maka tubuh sehat saja tidak cukup untuk menjamin kesehatanmu. Mulai berasuransi dari sekarang adalah pilihan tepat. Ciputra Life punya solusi yang tepat untuk kamu. Lihat lebih lengkap info dan beli produknya di www.ciputralife.com

 


# Harap berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Ciputra Life
# PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan