Editorial
21 November 2019

Keuntungan Menggunakan Cashless



Pada zaman dahulu, orang akan pulang kembali ke rumah ketika dompet mereka tertinggal. Hal ini terjadi karena uang dijadikan sebagai alat transaksi jual beli setiap harinya. Namun, kecanggihan zaman membuat adanya perubahan perilaku masyarakat yang cenderung akan memilih pulang ke rumah ketika ponsel mereka tertinggal dirumah karena sudah banyak aplikasi uang digital yang dapat digunakan oleh masyarakat tanpa harus membawa lembaran maupun koin uang. 

Nah perubahan inilah yang menyebabkan transaksi non-tunai atau cashless menjadi trend. Berikut rangkuman manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika memilih transaksi non-tunai atau cashless

  1. Praktis
    Kemudahan yang ditawarkan dari transaksi non tunai membuat masyarakat tertarik untuk melakukan pembayaran non-tunai. Selain mudah, biasanya transaksi non-tunai tinggal scan, klik, atau sekedar menggesek kartu. Cukup membawa ponsel atau  sebuah kartu kecil kamu bisa untuk membayar barang yang kamu beli. 
     
  2. Tidak Memakan Ruang 
    Biasanya masyarakat menyimpan uang di dalam sebuah dompet. Tidak sedikit orang menyimpan pecahan uang yang nilainya besar. Hal ini yang biasanya membuat orang memilih dompet dengan ukuran besar sehingga memerlukan tempat yang cukup di dalam tas.
     
  3. Mengurangi Risiko Pencurian 
    Kebiasaan membawa dompet dengan jumlah uang yang besar dapat membuat kita menjadi sasaran bagi para pencopet atau jambret untuk mengambil uang kita. Dengan menggunakan uang digital atau cashless pastinya kamu tidak perlu khawatir untuk kehilangan uang tunai. 
     
  4. Proses Cepat
    Dengan proses yang sangat mudah dan praktis, penggunaan transaksi non-tunai tentunya lebih cepat dibanding transaksi tunai. Hal tersebut terjadi karena transaksi tunai memerlukan waktu lebih apalagi kalau store atau merchant yang kamu beli produknya tidak memiliki uang kembalian. Wah jadi makin lama deh. 
     
  5. Dapat Memantau Pengeluaran 
    Penggunaan transaksi non tunai, bisa dijadikan sebagai alat untuk memantau pengeluaran kamu loh! Setiap melakukan transaksi non-tunai pastinya kamu mendapatkan pemberitahuan mengenai riwayat transaksi kamu. Jadi kamu bisa membatasi jumlah uang yang keluar apabila kamu sudah terlalu banyak jajan. 
     
  6. Promo 
    Nah yang terakhir adalah tawaran yang menggiurkan. Transaksi non-tunai biasanya memberikan promo yang tentunya menguntungkan. Promo yang ditawarkan biasanya dalam bentuk cashback atau pengembalian dana, potongan harga atau diskon, dan gratis pembelian pada transaksi yang kedua. 


Nah itu dia keuntungan yang bisa kamu dapatkan apabila kamu menggunakan pembayaran non-tunai seperti dompet digital atau kartu debet atau kredit. Gimana? Sudah mulai mengganti dompet konvensional menjadi dompet digital? 

 

 

#Harap berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Ciputra Life 
#PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diaawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan