Editorial
08 June 2019

Kontrol Kolesterol Jahat Setelah Lebaran



Hari Raya Idul Fitri merupakan hari raya yang dirayakan satu tahun sekali oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia. Mulai dari silaturahmi, hidangan opor dan ketupat yang lezat, daging rendang, kue kering hingga tradisi berbagi THR terjadi di momen ini. Tapi siapa yang setelah merayakan hari lebaran malah melebar dan kolesterolnya naik? 


Kamu tahu nggak sih kalau sebenarnya kamu bisa mengkontrol kadar kolesterol kamu khususnya kolesterol jahat atau yang disebut dengan LDL (Low Density Lipid) melalui pola makan. Yuk baca penjelasan di bawah ini. 

1. Batasi mengkonsumsi gula, garam, dan lemak 
Makanan lebaran yang manis, gurih, dan berlemak jadi musuh terbesar untuk kadar kolesterol kamu nih. Kementerian Kesehatan sudah menerapkan batas konsumsi lemak, gula, dan garam. Konsumsi garam yang dianjurkan adalah 1 sendok teh, gula 4 sendok makan, minyak 5 sendok makan setiap harinya. Jadi setelah makan enak lebaran kayanya wajib untuk berhenti ya makan makanan dengan kandungan gula, garam, dan lemak yang tinggi.

2. Konsumsi makanan dengan kandungan lemak polyunsaturated 
Sebenernya kamu masih bisa memakan makanan yang terdapat kandungan lemaknya lho! Tapi kamu harus tau nih jenis makanan dengan kandungan lemak yang bisa kamu makan harus lemak polyunsaturated seperti daging ikan salmon, ikan tuna, dan ikan kembung. Kamu juga bisa konsumsi kacang-kacangan, tahu, dan yoghurt nih sebagai sumber makanan yang mengandung polysunaturated fat

3. Jauhi konsumsi makanan dengan kandungan lemak trans 
Untuk meminimalisir konsumsi minyak berlebih, kamu bisa memasak makanan menggunakan minyak kanola. Minyak kanola baik untuk mengkontrol kadar kolesterol kamu karena mengandung omega 3 di dalamnya. Nah kalau memasaknya sudah memakai minyak kanola, makanan yang dimasak usahakan tidak daging lagi ya! Lebaran tentunya sudah makan cukup daging bukan? 

4. Ganti cemilan dengan meminum jus 
Jus yang baik untuk mengkontrol kadar kolesterol kamu adalah jus jeruk dan jus alpukat. Kandungan lemak baik yang ada di dalam alpukat tidak akan membuat kadar kolesterol jahat atau LDL kamu naik kok. Sedangkan, jus jeruk mengandung sterol dan stanol yang dapat menghambat penyerapan kolesterol. Tapi perlu diingat ya, tambahan gula dan susu yang terlalu banyak justru tidak baik untuk kesehatan. 

5. Perbanyak makan sayur dan buah 
Apel, anggur, stroberi, dan terong merupakan sayur dan buah yang kaya akan serat yang bagus untuk menurunkan kadar kolesterol jahat kamu nih. Buah-buahan ini juga bisa kamu olah menjadi jus atau salad nih. Selain enak pastinya juga sehat. 

 

Yuk mulai ganti menu lebaran kamu dengan menu sehat di atas kalau gak mau kadar kolesterol jahat kamu naik. Bukan cuma menu makanan aja nih yang perlu diganti! Pola pikir sehat saja sudah cukup juga perlu kamu ganti nih. Hidup sehat memang dapat mencegah diri untuk terkena penyakit, tapi kamu juga perlu tambahan perlindungan sebagai tambahannya. Gak usah bingung lagi karena kami hadir sebagai solusinya! Temukan solusimu di  www.ciputralife.com

 

# Harap berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Ciputra Life
# PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan