Editorial
06 May 2019

Makanan yang Wajib Kamu Konsumsi Saat Berpuasa



Di Bulan Puasa ini sobat C’Lifers pasti mengalami perubahan pola makan dari hari biasanya. Walaupun berpuasa, kamu tetap harus menjaga asupan makan kamu lho! Tenang saja, kali ini Ciputra Life akan memberikan kalian tips diet seimbang yang bisa kamu lakukan di Bulan Puasa ini. 

 

1. Konsumsi serat dengan porsi yang cukup 
Walaupun bulan puasa kamu tetap harus konsumsi cukup serat lho sobat C’Lifers! Kamu dapat mengkonsumsi sayur dan buah 5-10 porsi perharinya atau kamu dapat mengkonsumsinya setengah piring saji per harinya. Kamu dapat mengkonsumsi sayur dan buah ini di waktu sahur maupun saat berbuka. Buah manis dengan kandungan air tinggi seperti semangka bisa jadi pilihanmu untuk meredakan dehidrasi dan sumber energi kamu setelah sekian jam berpuasa lho

2. Mengkonsumsi karbohidrat 
Untuk asupan energi kamu, kamu dapat mengkonsumsi karbohidrat kompleks. Biji-bijian seperti gandum merupakan jenis karbohidrat kompleks yang bagus untuk pencernaan dan tentunya memiliki kandungan gizi yang tinggi. Selain itu, karbohidrat kompleks dapat membantu kamu menyimpan energi. Jadi kamu tidak merasa cepat lapar. 

3. Konsumsi protein 
Zat gizi yang berfungsi untuk regenerasi sel ini memang wajib kamu konsumsi setiap saat nih sobat C’Lifers! Kamu dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung protein rendah lemak seperti ikan minimal 2x dalam seminggu. Kamu juga bisa mengkonsumsi makanan dengan kandungan protein lainnya seperti kacang-kacangan, polong-polongan, dan biji-bijian. 

4. Gunakan bahan makanan yang sehat 
Siapa yang suka makan gorengan? Di bulan puasa ini, kamu wajib menghindari dan mengurangi makanan enak tapi tidak sehat yang satu ini. Kamu bisa mengganti minyak memasak kamu dengan minyak yang lebih sehat sehat seperti minyak zaitun, minyak canola, dan minyak tak jenuh lainnya. 

5. Kurangi konsumsi dairy product berlebih 
Kamu masih bisa mengkonsumsi produk dengan bahan dasar susu kok. Namun, kamu dapat menggantinya dengan susu rendah lemak, yogurts, ataupun keju sebagai tambahan makananmu saat berpuasa. 

6. Konsumsi air mineral dengan cukup 
Tidak makan dan minum saat puasa memang membuat dirimu menjadi dehidrasi. Oleh karena itu, kamu wajib mengkonsumsi cukup air saat berbuka maupun sahur. Jenis minuman yang wajib kamu konsumsi terntunya air mineral. Kamu disarankan menghindari minuman yang mengandung gula dan kafein tinggi seperti teh, kopi, dan soda. Konsumsi jenis minuman tersebut dapat meningkatkan pembuangan cairan dalam tubuh yang membuat kamu semakin dehidrasi. 

 

Gimana sobat C’Lifers tips dari Ciputra Life mengenai tips diet saat bulan puasa? Semoga dengan menjaga asupan di bulan puasa ini kesehatan kamu dapat terus terjaga ya! tetap semangat menjalani ibadah puasa untuk raih keberkahan dan pahalanya. Menjaga asupan makan belum tentu cukup lho untuk memastikan kesehatanmu. 
 

Kepastian kesehatan dapat kamu temukan di www.ciputralife.com. Yuk pastikan kesehatan kesehatanmu sekarang bersama Ciputra Life dengan segala kemudahannya! 

 

# Harap berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Ciputra Life
# PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan