Editorial
12 November 2017

Mana Yang Lebih Baik, Membeli Mobil Dengan Cash Atau Kredit?



Photo credit: Pictures of Money (flickr.com)

Bagi sebagian keluarga, mobil sudah bukan lagi kebutuhan tersier. Selain sebagai moda transportasi yang bisa digunakan saat liburan tiba, mobil juga dianggap sebagai media quality time keluarga yang ideal. Saat pergi bersama, Kamu bisa mendengarkan musik favorit sambil mengobrol dengan pasangan Kamu. Anak-anak juga tidak akan kalah senang berkat entertainment yang ditawarkan oleh mobil Kamu.

Walaupun demikian, membeli mobil impian untuk keluarga adalah lain persoalan. Biasanya bukan lagi soal harga, namun soal metode pembeliannya: cash atau kredit. Oleh sebab itu, jika Kamu masih mempertimbangkan pilihan membeli mobil dengan cash atau kredit hingga saat ini, berikut beberapa hal yang bisa jadi bahan pertimbangan keputusan Kamu!

Cash tidak selalu baik, begitu juga kredit

Jika Kamu ingin beli mobil dan mampu membayarnya dengan cash, mungkin Kamu tidak ingin repot-repot mempertimbangkan untuk kredit mobil. Namun, tahukah Kamu bahwa terkadang membeli mobil cash bukanlah pilihan terbaik meskipun Kamu mampu secara finansial?

Alasannya adalah karena Kamu mungkin akan melewatkan peluang untuk mendapatkan jenis mobil yang lebih baik. Katakanlah Kamu memiliki budget senilai Rp200 juta untuk membeli mobil baru bulan depan. Kamu memang bisa membeli mobil baru dengan jumlah tersebut secara cash, namun jenis mobil yang bisa Kamu pilih hanya akan terbatas pada budget yang Kamu miliki tersebut.

Berbeda halnya jika Kamu membeli mobil dengan kredit. Dengan budget yang Kamu miliki, Kamu bisa mendapatkan jenis mobil yang jauh lebih baik dibanding jenis mobil yang mungkin bisa Kamu beli secara cash. Meskipun, setelahnya Kamu harus menyisihkan uang untuk membayar kredit mobil tersebut setiap bulan sampai jangka waktu yang ditentukan.

Selalu ada pro dan kontra

Membeli mobil dengan cash itu memang sederhana. Temukan mobil yang Kamu inginkan, bayar dan miliki mobil tersebut. Biaya yang Kamu keluarkan hanya kepada penjual mobil. Kamu juga bisa mengecilkan pembayaran mobil dengan menjual mobil lama Kamu. Tak perlu mengeluarkan biaya tambahan, memusingkan biaya kredit bulanan. Beli dan pakai, selesai.

Meskipun ide ini terdengar bagus, namun membeli mobil cash tetap memiliki beberapa kelemahan. Pertimbangan pertama adalah, jika Kamu membeli mobil dengan cash, maka otomatis Kamu kehilangan kesempatan untuk membangun kredit Kamu. Kedua, jika Kamu menghabiskan uang yang Kamu miliki untuk membeli mobil, uang Kamu akan berhenti di situ, dengan kata lain tak akan bertambah.

Faktanya, nilai mobil yang Kamu beli akan semakin berkurang saat Kamu mengemudikannya. Jadi, pertanyaannya adalah, apakah uang yang Kamu miliki untuk membeli mobil tersebut akan lebih bermanfaat apabila digunakan untuk investasi, ketimbang dihabiskan hanya untuk membeli mobil saja? Jika hasil investasi Kamu akan mampu menutupi biaya kredit bulanan dan pinjaman yang Kamu ambil, mendapatkan pinjaman untuk kemudian diinvestasikan mungkin akan lebih bermanfaat bagi Kamu dibanding membeli mobil dengan cash.

Yang Mana Yang Lebih Baik Tergantung Pada Beberapa Faktor

Terlepas dari berbagai pro dan kontra yang ada, perbandingan antara cash dan kredit akan bergantung pada beberapa faktor yang harus Kamu tanyakan kepada diri sendiri dan pikirkan secara matang. Pertanyaannya adalah, berapa biaya pinjaman beli mobil yang mungkin akan Kamu keluarkan? Berapa perkiraan uang yang akan Kamu hasilkan dari investasi yang Kamu lakukan menggunakan uang pinjaman tersebut? Apakah Kamu sudah berpengalaman dan yakin dengan keputusan berinvestasi? Apakah Kamu ingin atau butuh membangun kredit Kamu?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut sangat penting karena jawabannya akan menuntun Kamu kepada pilihan terbaik antara beli mobil cash atau kredit mobil saja. Jika menurut pertimbangan Kamu, Kamu bisa menghasilkan uang lebih banyak melalui investasi, mendapatkan pinjaman mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, risiko kehilangan uang akibat investasi juga cukup besar. Sehingga Kamu wajib memperhitungkannnya secara matang.

Semakin Kamu berpengalaman dan yakin terhadap investasi yang Kamu lakukan, maka makin besar kemungkin pilihan ini yang terbaik bagi Kamu. Namun, untuk Kamu yang tidak berpengalaman dengan investasi dan ingin memperkecil risiko yang mungkin terlalu besar untuk dipertaruhkan, membayar cash mungkin yang terbaik untuk jadi pilihan.

Itulah beberapa informasi mengenai beli mobil dengan cash atau kredit mobil yang harus Kamu ketahui. Semua pilihan pada dasarnya bagus-bagus saja, hanya pertimbangannya adalah apa yang Kamu cari dan butuhkan!