Editorial
14 November 2017

Memasuki Musim Hujan, Hindari Makanan Ini supaya Tetap Fit



Photo credit: Adrianna Calvo (pexels.com)

Musim hujan adalah saat di mana Kamu harus ekstra hati-hati, termasuk dalam hal menjaga kesehatan. Kesehatan menjadi rentan karena saat musim hujan tubuh Kamu akan mengalami penurunan daya tahan dan hal itu dapat menyebabkan tubuh Kamu menjadi tidak fit. Tentu tubuh yang tidak fit akan sangat menganggu Kamu dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Nah, oleh karena itu, sudah sepantasnya Kamu memberi perhatian lebih dalam menjaga kesehatan. Hanya dengan sehat Kamu bisa menjalankan berbagai aktivitas sebagaimana mestinya. Berikut 4 makanan yang harus Kamu hindari di musim hujan kali ini!

Gorengan

Bagi Kamu penyuka gorengan, Kamu perlu menahan keinginan untuk mengkonsumsi makanan ini di musim hujan seperti sekarang. Kamu tidak boleh mengkonsumsi gorengan karena cuaca saat musim hujan yang sangat lembap mengakibatkan proses pencernaan melambat. Jika proses pencernaan melambat, maka dipastikan Kamu akan mengalami berbagai gangguan pencernaan mulai dari kembung hingga gangguan perut.

Seorang ahli ilmu gizi di Fortis Hospital, New Delhi, Dr. Simran Saini menyarankan agar jajanan pinggir jalan dihindari saat musim hujan. Musim hujan membawa begitu banyak bakteri yang mungkin terkandung dalam jajanan yang tidak terjamin kebersihannya. Jika Kamu tidak berhati-hati, sangat mungkin Kamu akan mengalami infeksi dan gangguan kesehatan lainnya.

Minuman berkarbonasi

Kamu harus menghindari minuman berkarbonasi karena minuman jenis ini dapat mengurangi jumlah mineral dalam tubuh. Jika mineral dalam tubuh berkurang maka akan menyebabkan pengurangan aktivitas enzim. Tentu keadaan ini harus Kamu hindari mengingat sistem pencernaan Kamu sudah mengalami penurunan di musim hujan seperti ini. Sebaiknya Kamu perbanyak mengkonsumsi air putih atau minuman yang hangat seperti teh jahe untuk menjaga kebugaran tubuh Kamu.

Dr. Saini menambahkan bahwa musim hujan juga menyebabkan sistem pencernaan menjadi lebih sensitif. Untuk itu disarankan agar Kamu untuk lebih banyak mengkonsumsi air yang sudah dimasak dengan baik. Sebaiknya Kamu terus mengkonsumsi air, meskipun dalam Kamu dalam keadaan tidak haus sekalipun. Mengkonsumsi air dalam jumlah yang banyak akan menjaga tubuh Kamu tetap terhidrasi sehingga mengurangi kemungkin Kamu mengalami penurunan sistem imun dan kelesuan.

Sayuran berdaun

Kamu pasti tahu bahwa sayuran berdaun merupakan bahan makanan yang sangat baik dan penting bagi kesehatan. Akan tetapi, di musim hujan seperti saat ini dianjurkan agar Kamu menghindari konsumsi sayuran berdaun. Alasannya adalah karena kelembaban, kotoran, dan lumpur yang terdapat dalam sayuran berdaun membuatnya sangat rentan terhadap banyak kuman yang pada akhirnya akan menyebabkan infeksi perut jika Kamu mengkonsumsinya.

Namun, jika Kamu termasuk orang yang tidak bisa lepas dari sayuran berdaun, sebaiknya Kamu memastikan memasaknya dengan saksama. Masaklah sayuran berdaun ini dengan mencucinya hingga bersih terlebih dahulu sebelum dimasak. Namun sebaiknya Kamu tidak mengkonsumsi sayuran seperti bayam, kol dan kembang kol karena sayuran ini adalah makanan musim hujan yang harus Kamu hindari. Sebagai gantinya Kamu bisa memasak labu pahit dan sayuran tak berdaun lainnya.

Makanan mentah

Meskipun makanan mentah sebenarnya mengandung manfaat yang cukup banyak, namun mengkonsumsinya saat musim hujan sebaiknya dihindari karena sangat berisiko. Sehingga dibanding mengkonsumsi sayuran segar mentah, sebaiknya Kamu mencucinya hingga bersih dan rebus sebelum dimakan. Hal ini akan menghindarkan Kamu dari berbagai bakteri yang mungkin terkandung dalam makanan mentah. Pastikan Kamu mencuci buah-buahan secara menyeluruh dan memotong buah-buahan tersebut sebelum memakannya agar potensi adanya kuman dari buah-buahan yang Kamu konsumsi berkurang. Kedua, dapatkan sponsor untuk video Kamu.

Itulah beberapa informasi mengenai makanan musim hujan yang harus Kamu hindari. Musim hujan memang merupakan musim yang sangat rentan terhadap berbagai gangguan. Sebaiknya Kamu benar-benar menaruh perhatian lebih terhadap apa yang Kamu konsumsi karena kesehatan Kamu yang menjadi taruhan. Semoga informasi ini bermanfaat!