Editorial
20 November 2019

Mengenal Gangguan Tumbuh Kembang Anak



Spesial di Hari Anak Sedunia yang jatuh pada tanggal 20 November 2019 ini, Ciputra Life akan merangkum dan memberikan informasi terkait pertumbuhan dan perkembang anak. 

Pertumbuhan sendiri adalah bertambahnya ukuran dan jumlah sel maupun jaringan pada tubuh. Sedangkan perkembangan adalah bertambahnya struktur dan fungsi tubuh. Proses pertumbuhan dan perkembangan anak dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain faktor dalam atau internal dan faktor dari luar atau eksternal. 

Proses pertumbuhan dan perkembangan yang tidak berjalan dengan normal akan menimbulkan penyimpangan dan gangguan. Berikut adalah beberapa gangguan dan penyimpangan yang sering ditemukan dalam proses tumbuh kembang anak : 

  • Celebral Palsy 
    Celebral palsy adalah suatu kelainan dari postur dan gerakan yang tidak progresif. Gangguan atau kondisi ini disebabkan karena kerusakan sel motorik pada saraf pusat saat proses perkembangannya. Karena kerusakan sel motorik di saraf pusat, anak-anak yang mengalaminya kerap mengalami kesulitan dalam kordinasi alat gerak seperti sulit berjalan dan sulit menelan karena diiringi menurunnya kordinasi otot. 
     
  • Gangguan Bicara dan Bahasa
    Kemampuan anak dalam berbahasa menjadi indikator dari perkembangan anak. Hal ini disebabkan karena kemampuan bahasa sering berpengaruh pada kerusakan sistem lainnya seperti kognitif, motorik, dan psikologis. Gangguan bicara yang tidak ditangani segera dapat menyebabkan gangguan yang menetap. 
     
  • Autism 
    Ganguuan yang sering terjadi satu ini disebabkan karena adanya gangguan otak yang menyebabkan anak sulit untuk berkomunikasi dan berinteraksi. Tingkat keparahan pada gangguan ini pun bervariasi. Penderita autism seringkali diiringi dengan epilepsy, depresi, dan rasa cemas berlebih. 
     
  • Down Syndrome 
    Kelainan dan gangguan ini dapat dideteksi melalui fenotipnya. Gangguan ini pada dasarnya disebabkan karena jumlah kromosom yang berlebih. Menurut WHO, anak dengan kelainan down syndrome memiliki karakteristik berupa menurunnya kekuatan otot, muka datar, dan telinga yang bentuknya tidak teratur atau simetris.
     
  • Perawakan Pendek 
    Nah kalau gangguan satu ini, sering terjadi pada masa kanak-kanak. Perawakan pendek atau stunting adalah kondisi gangguan tumbuh pada tinggi anak yang tidak sesuai dengan seusianya. Tapi tenang! Stunting dapat dicegah lho!
     
  • Retardasi Mental
    Gangguan mental merupakan kondisi dimana penderita memiliki tingkat intelegensia yang rendah. Hal tersebut tentunya menyulitkan penderita untuk belajar dan beradaptasi dengan orang di sekitarnya. 
     
  • GPPH
    Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas atau GPPH adalah gangguan dimana anak yang menderitanya memiliki kesulitan pemusatan perhatian. Biasanya gangguan ini disertai dengan perilaku berlebih atau hiperaktif. Anak dengan kondisi ini seringkali bertindak tanpa memikirkan dampak yang akan terjadi. Sulit menjadi tenang dan ceroboh menjadi karakteristik yang umum pada anak dengan gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas. 


Nah itu dia beberapa gangguan yang sering ditemukan saat proses tumbuh kembang anak. Memang hampir mirip ya karakteristiknya. Beberapa kondisi di atas juga seringkali saling berhubungan. Gangguan tersebut sebenarnya dapat diatasi dengan cara mendeteksi dini gangguan dan melakukan pemantauan gangguan tumbuh kembang tersebut. 


 

#Harap berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Ciputra Life 
#PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diaawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan