Editorial
18 October 2019

Mengenal Literasi Keuangan 



Menurut Survey Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukan bahwa indeks literasi keuangan Indonesia mengalami peningkatan 3 tahun kebelakang yaitu dari 21,84% tahun 2013 menjadi 29,66% tahun 2016. Walaupun mengalami peningkatan, literasi keuangan di Indonesia masih terbilang rendah. Dari setiap 100 orang di Indonesia hanya 30 diantaranya yang masuk ke dalam kategori well literate

Nah penasaran kamu termasuk kategori yang mana? Yuk simak informasinya berikut : 

Literasi keuangan adalah kemampuan dalam mengetahui, terampil, dan yakin dalam mengelola keuangan. Literasi keuangan memberikan pengaruh besar untuk terciptanya kesejahteraan masyarakat. Terkadang secara tidak langsung, banyak masyarakat sudah menerpkan literasi keuangan tetapi tidak mengetahui bahwa yang dilakukannya adalah penerapan dari literasi keuangan. Dengan menabung dan berinvestasi, kamu juga sudah menerapkan literasi keuangan. 


Berikut tingkatan literasi keuangan yang perlu kamu ketahui : 

  1. Well Literate 
    Di tingkatan ini diartikan bahwa kamu memiliki pengetahuan dan keyakinan mengenai lembaga jasa keuangan dan produk jasa keuangan beserta fiturnya serta terampil dalam menggunakannya. 
     
  2. Suffcient Literate
    Hampir sama dengan well literate, namun di tingkatan ini belum memiliki keterampilan untuk menggunakan produk dan jasa keuangan. 
     
  3. Less Literate
    Di tingkatan ini, seseorang dikatakan less literate apabila hanya memiliki pengetahuan tentang lembaga keuangan beserta produknya namun belum meyakini produk beserta jasa keuangan yang ada. 
     
  4. Not Literate
    Seseorang yang tidak memiliki pengetahuan, keyakinan, serta keterampilan terhadap lembaga jasa keuangan serta produknya disebut dengan not literate. 


Dengan literasi keuangan, seseorang dapat lebih terampil dalam mengatur keuangannya karena dapat dengan bijak mengalokasikan dana pendapatan dan pengeluarannya dalam kehidupan. Selain itu, dengan literasi keuangan seseorang akan lebih mengetahui manfaat positif dari nilai suatu barang, pengelolaan kredit, pentingnya berasuransi, berinvestasi, hingga pemahaman mengenai inflasi. Yuk jadi generasi cerdas, generasi literasi keuangan. 

                          
 

#Harap berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Ciputra Life 
#PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diaawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan