Editorial
06 June 2018

Menunda Memiliki Asuransi Kesehatan karena Takut Membayar Mahal? Jangan khawatir!



Bagi sebagian orang, asuransi kesehatan adalah satu hal penting yang wajib dimiliki sebuah keluarga mengingat banyaknya manfaat yang ditawarkan. Kamu bisa terbebas dari biaya rumah sakit, perlindungan terhadap biaya rawat jalan, atau bahkan mendapat uang tunai ketika kamu sakit dan harus dirawat inap. Semua keuntungan tersebut bisa didapat asal sesuai dengan syarat dan ketentuan asuransi yang ada.

Sayangnya, berbagai macam manfaat yang ditawarkan ini belum mampu menggoyahkan persepsi sebagian orang lainnya yang berpendapat bahwa memiliki asuransi belum menjadi kebutuhan utama. Dilansir dari situs web CNN Indonesia, program prioritas pemerintah mengenai asuransi kesehatan keluarga terjangkau bernama Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), sampai dengan 17 Maret 2017 baru menyentuh sekitar 175 jiwa masyarakat Indonesia. Angka ini masih jauh jika dilihat dari target awal pencanangan program.

Tidak Perlu Takut dengan Premi Mahal

Sebenarnya banyak alasan yang mendasari mengapa beberapa orang ragu untuk membuka asuransi. Mulai dari rasa percaya diri seseorang akan kesehatan tubuhnya (tidak sakit, maka tidak butuh asuransi), anggapan bahwa asuransi hanya diperlukan untuk orang-orang yang akan mengalami operasi, atau yang alasan yang paling umum, takut dengan biaya premi bulanan yang mahal.

Setiap asuransi memiliki aturan dan kebijakannya masing-masing, begitu juga dengan premi asuransi. Jika kamu menginginkan asuransi kesehatan keluarga yang terjangkau, kamu bisa  memanfaatkan program pemerintah yang diberikan oleh BPJS Kesehatan bernama Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Besaran iuran per bulannya terbagi menjadi tiga jenis, tergantung pekerjaan yang kamu miliki.

Selain itu, pada tanggal 3 November 2014, Presiden Joko Widodo meresmikan Kartu Indonesia Sehat (KIS) sebagai pengembangan program Jaminan Kesehatan Nasional. Selama ini, masyarakat Indonesia yang tidak memiliki identitas diri seperti KTP atau Kartu Keluarga masih terbentur kendala dalam mengakses JKN. Oleh sebab itu, KIS sengaja dibuat supaya masyarakat Indonesia yang masih termarjinalkan tetap bisa mendapatkan hak yang sama. Tidak adanya identitas pribadi tidak menjadi masalah karena ada data dari dinas sosial.

Pemegang KIS bahkan tidak harus membayar premi bulanan karena seluruh pembayaran akan ditanggung oleh pemerintah. Ke depannya, kartu yang diterima oleh masyarakat yang tergolong masyarakat mampu (Non Penerima Bantuan Iuran – non PBI) dan Penerima Bantuan Iuran (PBI) juga akan dibuat satu macam demi meminimalisir pembagian kelas sosial.

Besar Premi Bulanan yang Statis

Asuransi Kesehatan terjangkau tidak berhenti hanya pada program pemerintah saja. Citra Proteksi Kesehatan, produk asuransi kesehatan milik Ciputra Life juga bisa menjadi salah satu pilihan terbaik asuransi kesehatanmu. Tidak hanya terjangkau, Citra Proteksi Kesehatan memberikan banyak manfaat lainnya, seperti: tidak ada kenaikan premi selama masa pertanggungan, penggantian biaya rawat inap rumah sakit dan ICU karena sakit atau kecelakaan, pengembalian premi, hingga dana tunai untuk ahli waris sebesar 100% premi yang telah dibayarkan.

Dengan demikian, tidak ada lagi alasan untuk tidak memiliki asuransi kesehatan bukan?