Editorial
31 July 2019

Musik Tidak Hanya Sebagai Hiburan, Cek Manfaatnya Yuk!



Siapa sangka! Musik tidak hanya dijadikan sebagai bahan hiburan saja lho! Untuk sebagian orang musik adalah teman yang senantiasa menemani segala kegiatan mulai dari belajar, bekerja, maupun dalam kesendirian. Mau tahu manfaat lainnya dari mendengarkan musik? Yuk simak infomasinya di bawah ini : 

  1. Menciptakan Ketenangan dan Kedamaian 
    Dalam buku yang berjudul “Great Book About Music” yang dibuat oleh Ilmuan Arab dikatakan bahwa musik dapat memberikan rasa tenang lho sobat C’Lifers. Jadi cobalah mendengarkan musik jika kamu merasa sedang dalam kondisi yang tidak tenang. 
     
  2. Meningkatkan Daya Konsentrasi dan Memori 
    Musik ternyata juga dapat meningkatkan kecerdasan seseorang lho! Penelitian oleh Frances Rauscher dari California mengatakan bahwa musik dapat memberikan efek Mozart yaitu efek yang dapat meningkatkan intelegensia seseorang. Tidak hanya itu, musik juga dapat meningkatkan daya ingat dan mencegah kepikunan. 
     
  3. Terapi 
    Terapi musik banyak digunakan untuk mencegah dementia pada pasien lanjut usia dan ibu hamil. Terapi musik untuk lanjut usia berguna untuk mencegah dementia. Sedangkan pada ibu hamil biasanya terapi digunakan sebagai penghilang rasa cemas dan rasa sakit saat ingin melahirkan.
     
  4. Perkembangan Janin
    Beberapa penelitian menyebutkan bahwa ibu hamil yang mendengarkan musik akan memberikan efek positif pada janin yang dikandungnya lho! Janin akan mengenal musik sejak dini dan menstimulasi otak janin. Stimulasi ini sangat bagus untuk perkembangan kecerdasan anak nantinya. 
     
  5. Meningkatkan Motivasi 
    Bukan hanya untuk pengobatan, musik juga dapat meningkatkan mood dan motivasi khususnya selama berolahraga. Dengan mendengarkan musik membuat seseorang dapat berolahraga dengan baik dan terhindar dari perasaan tidak nyaman. 
     
  6. Pengembangan Diri 
    Mendengarkan musik dengan sesuai juga dapat membuat seseorang untuk mengembangkan dirinya lho! Sebagai contoh, orang yang melankolis disarankan untuk mendengarkan jenis musik bahagia untuk mengubah perasaan dan memotivasi dirinya untuk tidak berlarut dalam kesedihan dan keharuan. 
     
  7. Pengendalian Emosi 
    Efek dari mendengarkan musik berhubungan denegan otak manusia. Sebagai pengatur tubuh manusia, otak berfungsi mengontrol emosi dan pemikiran  manusia. Jadi musik bisa jadi pilihan kamu untuk mengatur emosi ya. 
     
  8. Mengurangi Rasa Sakit 
    Kamu tahu gak sih kalau musik sebenarnya bekerja pada sistem saraf otonom atau bagian saraf yang bertanggung jawab untuk mengatur denyut jantung, tekanan darah, emosi, dan juga fungsi otak. Nah ketika merasakan sakit, terkadang manusia mudah takut dan marah yang membuat rasa sakit akan semakin terasa. Nah dengan mendengarkan musik dapat membuat tubuh menjadi relax sehingga rasa sakit pun juga berkurang. 
     
  9. Meningkatkan Imunitas Tubuh 
    Menurut penelitian, dengan mendengarkan musik maka tubuh akan menghasilkan hormon serotonin yang dapat menciptakan rasa senang sehingga imunitas tubuh juga akan semakin meningkat.

 

# Harap berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Ciputra Life
#PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan