Editorial
04 December 2019

Penyakit Autoimun, Apa Saja Jenisnya? 



Beberapa waktu lalu di dunia hiburan ramai memeperbincangkan penyakit autoimun yang diderita oleh beberapa tokoh hiburan di Indonesia. Jadi apasih sebenarnya penyakit autoimun? Yuk simak informasinya lebih lanjut untuk mengetahuinya!


Penyakit autoimun adalah kondisi dimana sistem imun tubuh keliru dan justru merusak sistem pertahanan tubuh sendiri. Pada dasarnya sistem imun akan menjadi pelindung tubuh dari bahaya bakteri dan virus kemudian menghancurkannya. Namun, pada penderita autoimun, sistem imun justru akan menghasilkan protein atau autantibodi untuk merusak sel tubuh lainnya. Banyak kasus autoimun yang mendeteksi bagian kulit dan sendi sebagai zat asing dan menghancurkannya kemudian. 

Penyebab autoimun sendiri masih belum diketahui pastinya. Ada beberapa jenis penyakit yang dikategorikan sebagai penyakit autoimun. Nah kali ini Ciputra Life akan bahas beberapa diantaranya : 

  1. Diabetes 1 
    Diabetes 1 merupakan jenis penyakit diabetes yang sering disebut dengan insulin dependen atau juvenile. Penyakit ini terjadi akibat kurangnya produksi insulin. Orang dengan tipe diabetes ini biasanya lebih sering buang air kecil, merasa lapar, penurunan fungsi organ seperti gangguan penglihatan. Pengobatan dari penyakit ini memerlukan bantuan pemberian insulin dengan cara disuntik.
     
  2. Lupus 
    Lupus merupakan penyekit inflamasi kronik sistemik yang sering menyerang bagian kulit, sendi, sel darah, paru-paru dan jantung. Lupus sendiri memiliki beberapa jenis antara lain Lupus Eritematosus Kutaneus, Lupus Eritematosus Sistemik, Lupus Imbas Obat, Sindroma Overlap, Undifferentiated Connective Tissue Disease (UCTD), dan Mixed Connective Tissue Disease (MCTD). Diantara jenis lupus tersebut, jenis yang paling banyak ditemukan adalah Lupus Eritematosus Sistemik /LES. Lupus jenis ini memiliki gejala rasa nyeri dan lelah yang berkepanjangan. Tidak jarang penderita lupus jenis ini sering jatuh sakit sehingga kurang produktif.  
     
  3. Grave 
    Jenis penyakit autoimun ini menyerang kelenjar tiroid pada leher, hal ini terjadi karena tubuh terlalu banyak memproduksi hormon tiroid. Hasil dari produksi yang berlebihan tersebut membuat penderitanya merasakan rasa gelisah yang terus menerus, denyut jantung yang cepat, suhu badan panas, dan berat badan yang cenderung menurun. 
     
  4. Multiple Sclerosis 
    Jenis penyakit lupus yang satu ini akan merusak selubung meilin sebagai selubung yang berfungsi untuk melapisi sel saraf pada sistem saraf pusat. Rusaknya selubung meilin akan berpengaruh pada lambatnya proses pengiriman pesan dari otak dan sel saraf tulang belakang ke tubuh. 
     
  5. Rheumatoid Arthtritis
    Penyakit ini terjadi karena sistem imun merusak sendi penderitanya dan menyebabkan rasa hangat dan kaku pada sendi.
     
  6. Psoriasis dan Psoriatic Arthtritis
    Proriasis merupakan penyakit kulit kronik yang ditandai dengan adanya inflamasi, kemerahan, dan timbul sisik di kulit sekitar siku, lutut, dan punggung bagian bawah. Sedangkan artritis psoriatis adalah radang sendiri yang dikaitkan dengan psoriasis. 
     
  7. Autoimmune Vasculitis
    Penyakit autoimun satu ini terjadi ketika sistem imun tubuh menyerang pembuluh darah. Hal ini tentunya akan memperlambat darah untuk mengalir karena adanya penyempitan pembuluh darah dan arteri. 
     
  8. Celiac Disease 
    Jenis penyakit lupus yang satu ini terjadi karena sistem imun tubuh penderita menyerang bagian saluran pencernaan yang menyebabkan penderitanya tidak bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung gluten dan produk gandum. 


Diagnosis dari penyakit autoimun dapat ditanyakan oleh dokter dengan melakukan test darah untuk melihat autoantibodi dalam tubuh. Pengobatannya pun beragam, tergantung masalah yang dihadapi. Namun biasanya penderita penyakit autoimun akan diberikan beberapa obat untuk menekan sistem kekebalan tubuh seperti kortikosteroid. 

Nah itu dia informasi mengenai penyakit autoimun dari Ciputra Life. Informasi asuransi, kesehatan, dan hiburan lainnya bisa langsung di akses di https://korporat.ciputralife.com/blog


 

# Harap berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Ciputra Life.
# PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan