Editorial
17 May 2019

Puasa Kok Berat Badan Malah Bertambah?



Bulan suci Ramadhan merupakan bulan dimana seluruh umat muslim di dunia melakukan ibadah puasa tanpa makan dan minum selama lebih dari 12 jam. Manfaat puasa selain untuk kesehatan juga dapat melatih orang yang melakukannya menjadi lebih peduli dan bersyukur.

 

Selain mendapat pahala, banyak segelintir orang yang senang karena dapat menurunkan berat badan mereka selama satu bulan itu. Namun, ada beberapa orang yang justru mengalami kenaikan berat badan saat puasa. Kenapa ya? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

 

1. Karbohidrat sederhana
Mengkonsumsi zat gizi karbohidrat sederhana dapat meningkatkan kadar gula darah secara spontan yang membuat respon insulin meningkat sehingga tubuh akan menyimpan cadangan lemak lebih banyak. Zat gizi karbohidrat sederhana biasanya ditemukan dalam makanan seperti nasi putih, sirup, kue manis, dan makanan/minuman manis lainnya. Makanan dan minuman ini nih yang buat berat badan kamu naik!

2. Lemak jenuh
Bulan puasa berbuka dengan es buah yang manis dengan kriuk gorengan, siapa yang tidak suka? Tapi kamu tahu nggak sih C’Lifers kalau konsumsi gorengan saat berbuka dapat menyumbang timbunan lemak dalam tubuh kita. Jangan cuma berbuka dengan gorengan, kamu juga wajib konsumsi sayur dan buah nih supaya berat badan kamu tidak naik.

3. Perubahan pola makan
Menahan lapar lebih dari 12 jam membuat hawa nafsu dan keinginan makan melonjak. Padahal sebenarnya tubuh tidak benar-benar membutuhkan makanan banyak. Ini nih salah satu sebab kamu semakin gempal saat berpuasa. Tak hanya itu, tradisi umat muslim yang sering berbuka dengan makanan minuman manis tinggi kalori seperti es buah, es teh manis, es sirup juga tidak membuat kamu kenyang dalam waktu yang lama. Jadi kamu akan merasa lapar lagi. Alhasil kamu akan makan terus deh selama berpuasa dan berat badan tentunya akan semakin meningkat.

 

Wah ternyata aktivitas yang biasa kita lakukan saat puasa bisa menyebabkan berat badan bertambah ya. Kamu harus hati-hati nih dengan hal yang bisa membuat berat badanmu naik. Kelebihan berat badan dapat memicu risiko penyakit kronis yang berbahaya lho! Yuk siapkan perlindungan kesehatan dan dirimu dari sekarang! Bersama Ciputra Life, kamu bisa menjamin kesehatan, jiwa, dan aset sekaligus. Beli produknya di www.ciputralife.com

 


# Harap berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Ciputra Life
# PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan