Editorial
11 November 2017

Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh, Pastikan Kamu Telah Menyiapkan Hal-hal Ini



Photo credit: SplitShire (pexels.com)

Liburan tahun baru memang telah usai, namun jangan khawatir, ada banyak long weekend yang juga bisa Kamu dan keluarga nikmati tahun ini. Daripada long weekend tersebut terbuang sia-sia, yuk segera atur jatah cuti Kamu dan kembali buat planning liburan bersama keluarga!

Namun, planning liburan itu tidak melulu soal menentukan jadwal, akomodasi, transportasi dan destinasi wisata. Apalagi jika Kamu dan keluarga memutuskan untuk melakukan perjalanan jauh, Nah, agar liburan Kamu tetap berjalan sempurna dan menyenangkan, pastikan empat hal ini juga sudah Kamu siapkan dengan baik, ya!

Melakukan check-up

Untuk memastikan perjalanan jauh Kamu kali berjalan dengan lancar, salah satu hal terpenting yang harus dilakukan adalah check-up. Check-up yang harus Kamu lakukan itu berlaku untuk Kamu yang akan menjadi pengemudi, serta mesin kendaraan yang akan Kamu gunakan.

Buatlah jadwal untuk melakukan pemeriksaan. Lakukanlah perawatan dasar pada kendaraan Kamu sebelum melakukan perjalanan jauh. Perawatan dasar itu seperti memeriksa wiper dan tingkat cairan kendaraan Kamu. Selain itu, jadwalkan juga service yang dibutuhkan seperti pergantian oli ataupun penyetelan ulang kendaraan agar kembali pada kondisi terbaiknya.

Jika kendaraan yang Kamu gunakan telah berada dalam keadaan terbaik, maka kemungkinan Kamu bisa mengendalikannya secara maksimal di perjanan jauh kali ini sangat besar. Yang tersisa adalah pemeriksaan diri Kamu sendiri sebagai pengemudi. Kamu tentu tidak ingin menempatkan keluarga tersayang Kamu dalam situasi yang berbahaya, bukan?

Untuk itu, lakukan pemeriksaan kesehatan sebelum melakukan perjalanan. Hal ini sangat penting karena Kamu adalah ujung tombak kelancaran perjalanan jauh ini. Tanyakan pada dokter mengenai kondisi Kamu saat ini. Apabila Kamu dinyatakan qualified untuk mengemudi dalam perjalanan jauh, itu adalah kabar baik. Namun, jika tidak, pertimbangkan opsi mengajak anggota keluarga yang bisa mengemudi dengan baik atau membayar jasa supir agar lebih aman.

Rute Perjalanan

Untuk mendapatkan perjalanan jauh yang menyenangkan, hal yang tidak boleh lupa Kamu persiapkan adalah rute perjalanan. Kamu harus memiliki gambaran mengenai rute perjalanan seperti apa yang akan dihadapi. Pastikan semua orang yang akan berada dalam perjalan jauh bersama Kamu mengetahui dengan jelas mengenai semua kemungkinan yang terjadi sepanjang perjalanan untuk menghindari berbagai hal yang tak diinginkan.

Ada dua layanan yang bisa Kamu gunakan untuk menentukan rute perjalanan terbaik. Pertama adalah dengan menggunakan Roadtrippers. Layanan yang menggunakan petunjuk berbasis Google Maps ini akan membantu Kamu menyusun rute perjalanan dan menemukan semua pemberhentian di sepanjang jalan. Dengan layanan ini Kamu juga bisa menghitung biaya bahan bakar, waktu dan jarak perjalanan.

Layanan rute perjalanan lainnya yang bisa Kamu gunakan adalah On The Way. Aplikasi untuk pengguna iOS ini bisa memberikan informasi kepada Kamu seputar pemberhentian dan lokasi restoran di sepanjang rute perjalanan. Tak hanya itu, aplikasi ini juga bisa membantu Kamu menemukan berbagai tempat menarik yang mungkin bisa Kamu nikmati seperti museum, taman, hingga atraksi di pinggir jalan.

Memiliki budget yang solid

Melakukan perjalanan darat memang akan memakan biaya yang lebih kecil jika dibandingkan dengan biaya menggunakan pesawat misalnya. Namun, jangan lupa bahwa ada kemungkinan berbagai biaya tak terduga yang harus Kamu keluarkan disepanjang perjalanan jauh kali ini.

Saat menghitung biaya yang harus Kamu keluarkan, jangan lupa memasukkan biaya makanan dan penginapan sesuai budget yang Kamu miliki. Hitung juga biaya lainnya seperti wisata ke museum bersama anak-anak di sela perjalanan Kamu. Pikirkan lah semua kemungkinan biaya yang mungkin harus Kamu siapkan dan jangan sampai ada yang terlewat.

Kebersihan mobil

Ini mungkin terdengar sepele dan tidak masuk prioritas. Namun jangan salah, kebersihan mobil adalah salah satu persiapan yang wajib Kamu lakukan untuk melakukan perjalanan jauh yang aman. Nyatanya, banyak kecelakaan mobil yang disebabkan oleh hal-hal sepele, salah satunya adalah jendala kaca mobil yang kotor sehingga mengurangi jarak pKamung.

Karena secara alami setiap mobil memiliki titik buta, maka jumlah kotoran sekecil apapun dapat mengurangi visibilitasnya 10 kali lipat. Oleh karena itu, pastikan mobil dan diri Kamu berada dalam keadaan terbaik untuk perjalanan yang aman dan nyaman.

 

Itulah beberapa informasi seputar persiapan perjalanan jauh yang wajib Kamu ketahui. Pastikan Kamu mempersiapkan semua hal diatas dengan baik untuk liburan yang sempurna dan menyenangkan!