Editorial
11 April 2019

Selamat Hari Kanker Tulang Nasional!



Setiap tanggal 11 April diperingati sebagai Hari Kanker Tulang Nasional.

Tahukah kamu? Kanker tulang merupakan jenis kanker yang menyerang tulang akibat adanya sel yang berada di luar kendali yang seharusnya. Kanker tulang dapat terjadi di semua kalangan usia. Namun, ada jenis kanker tulang justru lebih sering terjadi pada anak-anak loh!

Berikut adalah  fakta mengenai kanker tulang yang wajib kamu ketahui!

JENIS KANKER TULANG 

1. Osteosarcoma
Osteosarcoma merupakan jenis kanker yang paling sering terjadi diantara jenis kanker lainnya. Jenis sel kanker ini paling sering terjadi pada pria dibanding wanita. Hal itu disebabkan karena pertumbuhan tulang pada pria membutuhkan waktu yang lebih lama daripada wanita. Kanker jenis ini merupakan kanker tulang no.1 yang sering menyerang anak-anak loh. Selain itu, kanker ini dapat muncul kembali di usia lanjut. Jadi kanker ini bisa kambuh sewaktu-waktu loh!

 

2. Chondrosarcoma
Chondrosarcoma merupakan jenis kanker tulang yang paling sering terjadi setelah osteosarcoma. Risiko kanker ini terjadi pada usia di atas 20 tahun hingga 75 tahun. Berbeda dengan osteosarcoma, chondrosarcoma lebih sering terjadi pada wanita dibanding pria dan sering muncul pada bagian panggul, kaki, lengan, dan dada.

 

3. Sarkoma Ewing
Jenis kanker ini merupakan kanker yang terbilang ganas karena pertumbuhan kanker yang cepat dan sering mengalami metastasis yang membuat kondisi penderitanya semakin buruk. Kanker ini sering terjadi di usia anak-anak dan remaja. Jenis kanker ini merupakan kanker yang sering terjadi pada anak-anak setelah osteosarcoma. Wah cukup bahaya ya. Bagi kamu yang memiliki anak, wajib waspada nih pada jenis kanker yang satu ini.

 

4. Fibrosarkoma
Fibrosarkoma merupakan kanker tulang yang tumbuh di bagian jaringan lunak pada tulang. Kanker ini biasanya menyerang orang tua dan lansia dan sering terjadi di bagian kaki, lengan, dan juga rahang.

 

5. Chordoma
Kanker jenis ini umumnya lebih sering terjadi pada wanita dibanding pria. Kanker jenis ini dapat terjadi di usia berapapun. Namun, sering terjadi di usia 50 tahun ke atas. Hal ini disebabkan karena kanker tulang ini lambat perkembangannya. Walaupun lambat, kanker jenis ini justru merupakan kanker tulang yang sulit diobati karena letaknya yang berdekatan dengan struktur penting tubuh seperti jaringan otak dan sumsum tulang belakang.

 

6. Tumor sel raksasa pada tulang
Kanker tulang yang satu ini merupakan kanker tulang yang dapat kambuh sewaktu-waktu walaupun kamu sudah melakukan operasi. Kambuhnya sel kanker ini terjadi di bagian yang tulang yang sama ketika sel kanker tumbuh. Apabila kanker ini terus kambuh, sel kanker ini dapat menyebar ke bagian tulang lain loh! Wah bahaya banget ya 

 

PENYEBAB KANKER TULANG

Ada beberapa penyebab yang dapat menyebabkan kanker tulang antara lain adanya kelainan genetik, penyakit Paget yaitu penyakit yang membuat kondisi tulang menjadi lemah, senyawa kimia dan paparan radiasi. Bagi kamu yang pernah melakukan pengobatan radioterapi hal ini bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya kanker tulang lho!

 

GEJALA DAN TANDA KANKER TULANG

Gejala dan tanda untuk mendeteksi adanya kanker tulang dapat dilakukan dan dideteksi sedini mungkin lho. Berikut adalah gejala umum kanker tulang yang wajib kamu ketahui :

  • Nyeri pada tulang
  • Pembengkakan pada tulang
  • Berat badan yang menurun
  • Fatigue atau rasa lelah yang berkepanjangan
  • Tulang yang terasa lemas

Nah, apabila kamu maupun keluarga merasakan gejala seperti di atas segera konsultasikan ke dokter ya! Bisa jadi kamu menderita penyakit ini dan membutuhkan penanganan lanjut. Tapi kamu nggak perlu khawatir karena Ciputra Life kini hadir untuk menjamin dan melindungi kesehatanmu dengan proses klaim yang mudah dan cepat. Cek infonya di www.ciputralife.com

 

 

# Harap berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Ciputra Life.
# PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan