Editorial
01 June 2019

Selamat Hari Lahir Pancasila : Yuk Ketahui Makna Dibalik Lambang Garuda



Sobat C’Lifers kamu tahu nggak sih kalau Garuda Pancasila bukan hanya sekedar simbol Negara Republik Indonesia aja pastinya! Komponen yang ada di burung garuda sebagai lambang negara memiliki banyak makna lho! Penasaran? Cek aja infonya di bawah ini


1. Burung garuda 
Burung garuda sendiri berdasarkan mitologi kuno dianggap sebagai burung yang besar dan kuat sehingga menggambarkan kalau Indonesia adalah bangsa yang besar dan kuat. 

2. Perisai pada burung garuda
Kalau perisai pada burung garuda diibaratkan sebagai bagian senjata yang melambangkan perjuangan dan perlindungan diri bangsa Indonesia dalam mencapai tujuannya. 

3. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika 
Pada burung garuda terdapat semboyan yang bertuliskan Bhinneka Tunggal Ika. Semboyan itu menggambarkan bahwa Indonesia merupakan negara dengan penuh keberagaman dan perbedaan namun dibalik perbedaan yang ada, semuanya tetap satu. 

4. Bulu sayap 17, bulu ekor 8, bulu pangkal ekor 19, dan bulu leher 45 
Kalau dilihat kayanya udah terlihat jelas ya makna dari komponen burung garuda yang satu ini. Hal ini menggambarkan waktu dimana Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya pada 17 Agustus tahun 1945. 

5. Garis hitam di tengah perisai 
Nah garis hitam ini bukan hanya pemanis dari simbol saja lho! Ini menunjukan bahwa Indonesia merupakan negara merdeka dan berdaulat yang dilintasi oleh garis khatulistiwa. 

6. Gambar bintang dengan lima sudut di bagian tengah 
Nah letak bintang di tengah menjadi simbol utama dalam sila Pancasila yang digambarkan sebagai ketuhanan yang maha esa.

7. Tali rantai bermata bulat dan persegi di bagian kiri bawah perisai 
Mata rantai yang ada dalam burung garuda berjumlah 9 yang melambangkan unsur perempuan, sedangkan mata rantai persegi berjumlah 8 yang menggambarkan laki-laki. Jumlah tali rantai melambangkan generasi penerus yang akan terus turun menurun. 

8. Pohon beringin 
Pada perisai terdapat lambang pohon beringin yang menggambarkan dasar sila persatuan Indonesia.

9. Kepala banteng 
Kepala banteng yang berada di bagian kanan atas perisai dilambangkan sebagai dasar sila kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan. 

10. Kapas dan padi 
Selain menjadi dasar sila keadilan sosial, kapas dan padi diibaratkan sebagai unsur sandang (pakaian) dan pangan (makanan) dengan tujuan kemakmuran dan kesejahteraan bangsa Indonesia lho!


Wah bagaimana sobat? Jadi teringat kembali pelajaran kewarganegaraan jaman sekolah dulu ya! Kami segenap keluarga besar Ciputra Life mengucapkan Selamat Memperingati Hari Lahir Pancasila. Jangan lupa terapkan sila-sila yang ada agar bangsa Indonesia menjadi bangsa dan negara yang tetap utuh dan bersatu!

 

# Harap berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Ciputra Life
# PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan