Editorial
06 November 2019

Tips Atasi PMS



Hampir setiap perempuan pernah merasakan mood yang berubah-ubah dan sakit perut yang tidak terkendali menjelang periode menstruasi. Hal itu disebut dengan PMS (Pre-Menstruation Syndrome). Adapun tanda-tanda lain yang dirasakan seperti : 

  • Payudara yang terasa nyeri dan mengeras
  • Sakit kepala
  • Nyeri sendi 
  • Muncul jerawat 
  • Konstipasi atau diare
  • Mudah marah 
  • Mudah lelah 


PMS sendiri disebabkan karena adanya perubahan kadar hormon esterogen, progesteron, dan serotonin. Kadar esterogen dan progesteron yang meningkat menyebabkan perubahan mood, kecemasan, dan sensitivitas diri. Selain itu hormon serotonin juga berpengaruh pada emosi seseorang. Nah inilah yang membuat kamu merasakan gejala di atas. Tapi kamu tidak perlu khawatir lagi untuk mengatasi PMS ini, Ciputra Life akan kasih kamu tips untuk mengatasi PMS di bawah ini :

  1. Pastikan Melakukan Aktivitas Fisik atau Olahraga Minimal 30 Menit Setiap Hari 
    Ketika menjelang masa periode, kamu akan merasakan gejala PMS yang begitu menjengkelkan, tapi kamu bisa mengantisipasinya dengan melakukan olahraga dengan teratur.
     
  2. Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi
    Di saat PMS, perempuan biasanya memiliki mood untuk makan makanan tertentu. Padahal di saat seperti ini kamu perlu menjaga pola makan kamu. Kamu perlu memperbanyak konsumsi sayur terutama sayur berwarna hijau dan buah serta kacang-kacangan untuk memastikan kecukupan vitamin yang dapat meredakan gejala PMS. 
     
  3. Konsumsi Kalsium dengan Cukup
    Kamu juga bisa mengganti snack kamu dengan makanan ringan yang tinggi kalsium seperti minuman dari produk olahan susu dan snack dengan bahan dasar ikan salmon untuk menambah gizi kalsium kamu. 

     
  4. Konsumsi Obat Pereda Nyeri 
    Kamu bisa mencoba obat pereda nyeri seperti ibuprofen, acetaminophen, atau naproxen. Tapi pastikan kamu mengkonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Dan minum obat sesuai dosis yang semestinya. 


Nah itu dia hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi gejala PMS. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya! 

 

 

#Harap berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Ciputra Life 
#PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diaawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan