Editorial
15 October 2019

Tips Menyisihkan Pendapatan Untuk Ditabung



Saat usia produktif dan sudah mendapatkan penghasilan, maka disinilah permasalahan finansial dimulai. Kamu harus bisa menjaga arus pengeluaran dan pendapatan untuk kebutuhan maupun keinginanmu. Sebagian orang yang memiliki pendapatan sendiri justru seringkali mengalami kehabisan uang di minggu kedua dan ketiga setelah mendapatkan gaji. Biasanya hal ini terjadi karena arus pengeluaran yang tidak seimbang dengan pendapatan. Salah satu cara yang perlu dilakukan oleh setiap orang yang berpendapatan adalah menabung. Walaupun terasa sulit, kamu perlu menabung untuk mengatur keuanganmu. Kali ini Ciputra Life akan kasih tips cara menyisihkan pendapatan untuk ditabung. Stay tune! 
 

  1. Menyisihkan minimal 10% gaji untuk dana darurat 
    Untuk kamu yang belum memiliki tanggungan keluarga, ada baiknya untuk menyisihkan 10% dana dari gaji untuk ditabung. Dengan melakukannya secara teratur, dijamin kamu gak akan kekurangan uang bahkan di saat kamu membutuhkan dana darurat. Yuk mulai menabung dari sekarang! 
     
  2. Menyisihkan gaji saat pertama kali mendapatkan gaji
    Saat pertama kali mendapat gaji tentu ada rasa bangga dan senang karena setelah sebulan lama bekerja, akhirnya kamu mendapatkan gaji sebagai imbalannya. Biasanya waktu ini jadi waktu yang bisa bikin kebablasan karena kamu tidak sabar untuk berbelanja, hangout bersama teman maupun keluarga, kumpul-kumpul cantik nan fancy, dan juga checkout keranjang belanja online kamu. Kamu harus memberhentikan gaya hidup seperti tersebut nih, ada baiknya langsung kamu sisihkan 10% untuk ditabung. Setelah itu kamu bisa gunakan untuk keperluan lainnya termasuk berbelanja. 
     
  3. Memiliki rekening berbeda dengan rekening gaji 
    Kesalahan yang sering terjadi adalah menabung pendapatan di rekening kamu menerima gaji. Nah ini dia yang terkadang bisa membuat kita merasa selalu cukup dan bisa menggunakan uang tabungan untuk keperluan yang tidak penting. Cara jitu yang bisa dilakukan adalah dengan memisahkan rekening tabungan dan pendapatan. Usahakan rekening tabungan merupakan tabungan tanpa biaya administrasi sehingga kamu jadi lebih hemat. 
     
  4. Mencatat arus masuk dan keluar 
    Walaupun sudah menabung, kamu perlu mencatat pengeluaran termasuk untuk menabung serta uang pendapatan kamu lho! Dengan mencatat dengan rinci kamu bisa mengetahui arah keuanganmu termasuk dalam kategori boros atau stabil. 
     
  5. Berasuransi dan berinvestasi 
    Kalau memang menabung adalah hal yang sulit, kamu bisa coba berasuransi maupun investasi. Asuransi bisa melatih kedisiplin kamu untuk menyisihkan uang setiap bulannya. Untuk jangka waktu yang telah ditentukan, kamu bisa mengambil kembali premi yang telah dibayarkan. Wah lumayan banget kan? Sama-sama dapat keuntungan seperti berasuransi, biasanya keuntungan dari investasi yang kamu dapatkan berasal dari nilai aset yang dibeli meningkat. Sama-sama mengajarkan untuk menyisihkan pendapatan. Tinggal kamu pilih mau yang mana. 
     
  6. Hidup sederhana 
    Jadi keren gak harus hedon kok! Agar memiliki tabungan kamu perlu hidup lebih hemat dan sederhana agar tidak susah untuk menabung. Selamat mencoba!

 

Untuk kamu yang sudah berkeluarga, kamu juga bisa menerapkan sisihkan keperluan dengan presentase berikut : 

Sumber : Perencanaan Keuangan Keluarga OJK

 

 

Yuk mulai menabung dari sekarang! Selamat Mencoba!

 

 

#Harap berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Ciputra Life 
#PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diaawasi oleh Otoritas Jasa Keuanga