Editorial
29 November 2019

Tips Untuk Menjadi Orang Tua yang Disenangi



Untuk kamu para orang tua di luar sana, 

Menjadi orang tua bukanlah perkara yang mudah
Kadang bahkan timbul rasa amarah 
Belum lagi terhantui rasa lelah 
Mengorbankan diri hingga susah payah 


Wah kalau melihat penggalan sajak di atas, menjadi orang tua yang terbaik bukan hal yang mudah ya. Tapi jangan khawatir……Kamu bisa menjadi orang tua yang menyenangkan untuk sang buah hati. Ciputra Life akan kasih kamu tips bagaimana menjadi orang tua yang disenang berikut ini : 

  • Tulus Memberikan Kasih Sayang dan Cinta 
    Ketika menjadi sosok orang tua, hal pertama yang harus dilakukan adalah memberikan kasih sayang dan cinta kepada buah hati dengan tulus. Kamu bisa melakukan kontak fisik seperti berpelukan, mencium, dan sekedar melihat mata dan memberikan perhatian penuh ketika anak berbicara. Pastikan kamu sering melakukan quality time berdua dengan buah hati. Ada banyak jenis kasih sayang dan cinta juga bisa kamu berikan lho diantaranya pemberian pendidikan yang baik, makanan bergizi, dan hadir setiap dibutuhkan. 
     
  • Mampu Mengatur Tingkat Stres
    Studi mengatakan bahwa orang tua seharusnya dapat memanajemen tingkat stres, amarah, dan rasa bersalah. Hal tersebut dapat berpengaruh pada perilaku anak. Orang tua dengan kondisi stres ternyata mempengaruhi tingkat stres anak nantinya. Wah jangan sampai ini terjadi yah!  

  • Mencoba Menghargai Anak dan Belajar dari Anak 
    Bukan karena kamu adalah sosok orang tua, kamu memiliki wewenang dan tidak mau diberi masukan dan cenderung arogan. Jadikanlah anak sebagai guru yang mampu mengajari diri untuk menjadi sosok yang lebih baik lagi. Semangat moms and dads! 
     
  • Pastikan Mengajarkan Hidup Sehat 
    Ingat pepatah buah jatuh tidak jauh dari pohonnya? Sepertinya pepatah ini cocok untuk kamu para orang tua. Orang tua adalah role model yang sering ditirukan oleh anaknya. Pastikan kamu memiliki pola hidup sehat agar anak dapat mengikutinya. Anak sehat merupakan aset yang tak ternilai harganya. 
     
  • Beri Dukungan Agama
    Bukan hanya soal kemampuan kognitif, pastikan kamu juga memberikan anak dukungan spiritual atau agama yang mampu menjadikan anak menjadi pribadi yang lebih baik dan berpegang teguh pada aturan Tuhan. 
     
  • Beri Pelajaran Hidup
    Terkadang untuk mencari jati diri atau mengembangkan diri, banyak anak melakukan kesalahan. Kamu bisa memberikan nasihat atau hukuman ringan agar anak tidak melakukan kesalahan lagi dan mempertanggungjawabkan apa yang telah dilakukan. 

  • Pastikan Buah Hati Tetap Aman 
    Menjadi orang tua memang tidak mudah. Memastikan buah hati tetap aman adalah sebuah kewajiban. Pastikan kamu selalu melindungi anak dan menjaganya setulus hati sekalipun saat bermain. 


Nah itu dia tips berdasarkan penelitian yang bisa kamu terapkan untuk menjadi orang tua terbaik. Urusan anak sakit? Gak perlu pusing lagi kalau kamu memiliki perlindungan dari Ciputra Life. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut. 

 

 

#Harap berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Ciputra Life 
#PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diaawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan