Editorial
05 November 2018

Trombosit Rendah? Lakukan 5 Hal Ini Agar Cepat Normal Kembali!



(Sumber gambar : https://cdn.hellosehat.com)

 

Kamu tahu ngga kalau trombosit kamu rendah, resikonya bisa gawat termasuk tubuh kamu ngga bisa menghentikan pendarahan dan membekukan darah saat kamu mengalami luka?

(Sumber gambar : https://cdn.hellosehat.com)

 

Jangan sepelekan tingkat trombosit kamu lho, karena trombosit ini merupakan sel darah yang penting banget buat pembekuan darah normal di tubuh kamu! Kamu tau nggak sebenarnya tugas si trombosit ini? Trombosit bisa digunakan sebagai metode screening (deteksi dini) dan mendiagnosis berbagai penyakit saat kamu melakukan cek kesehatan. Pastinya kamu perlu dong trombosit yang normal supaya kamu tetap sehat dan segar kan? Nah, buat kamu yang trombositnya rendah ada beberapa cara nih yang bisa kamu lakukan supaya trombosit kamu cepat kembali normal. Cek yuk!

 

1. Hindari Melakukan Aktivitas yang Berakibat Pendarahan

Kamu sering melakukan berbagai kegiatan atau olahraga yang ekstrim? Mulai sekarang hindari yuk beraktivitas fisik yang bisa menyebabkan pendarahan, seperti balapan motor atau mobil, panjat tebing, skateboard, dan kegiatan lainnya karena dengan menghindarinya, kamu bisa meminimalisir risiko pendarahan dalam tubuh dan trombosit bisa cepat naik!

 

2. Istirahat dan Tidur Teratur

Nah, jangan sering begadang ya! Karena dengan istirahat yang cukup (7-8 jam sehari) bisa membantu memulihkan kondisi tubuh kamu lho. Dengan begitu, tubuh pun bisa “bekerja”dengan baik dalam memproduksi trombosit dan sel-sel darah yang penting buat tubuhmu!

 

3. Banyak Minum Air Mineral

Siapa nih yang suka banget minum kopi, teh, atau soda? Kamu boleh minum minuman tersebut tapi pastikan kamu lebih banyak minum air mineral ya! Dengan rajin minum air mineral dalam jumlah yang cukup bisa membantu produksi darah (dan trombosit) sehingga cepat kembali normal dan membantu mendetoks racun dari tubuhmu. Kamu dijamin makin sehat deh!

 

4. Hindari Obat Tertentu

Jangan sembarang minum obat untuk menaikkan trombosit ya! Ada beberapa obat-obatan yang justru menghambat produksi kinerja trombosit seperti Aspirin dan Ibuprofen. Konsultasikan dengan apoteker atau dokter tentang obat-obatan yang bisa memproduksi trombosit dengan baik dan maksimal!

 

5. Konsumsi Makanan untuk Menaikkan Trombosit

Yuk rajin makan sayur dan buah-buahan terutama sayuran yang berdaun hijau. Kamu juga bisa memakan makanan yang mengandung vitamin B12, asam folat, dan omega-3 yang terbukti ampuh meningkatkan produksi trombosit dengan cepat. Buah bit, kurma, aprikot dan gandum utuh juga efektif banget lho buat menaikkan trombosit  kamu!

(Sumber gambar : https://asset.kompas.com)

 

Nah, jangan sampai trombosit kamu rendah apalagi terlalu lama ya, karena bisa menyebabkan masalah pada penggumpalan darah lho! Bahaya kan? Karena itu istirahat yang cukup, makan makanan yang sehat, konsumsi obat atau vitamin yang dianjurkan, dan pastinya hindari berbagai aktivitas yang ekstrim. Tapi, kamu yang punya segudang kegiatan ngga perlu takut deh, karena di Ciputra Life ada berbagai macam layanan asuransi yang pasti melindungi kamu! Cari tahu info lanjut dan beli asuransinya di situs ini ya www.ciputralife.com

 

Yuk, tetap sehat dan lancar beraktivitas bersama Ciputra Life!
 

# PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan