Editorial
08 May 2019

Wajib Tahu, Mitos dan Fakta Saat Berpuasa



Selama puasa, tentu banyak perubahan yang sering terjadi dengan diri kamu. Mulai dari perubahan pola makan, jam tidur, hingga perubahan kondisi tubuh saat bulan puasa. Namun, tidak semua perubahan itu merupakan dampak dari kamu berpuasa lho! Berikut adalah mitos dan fakta selama bulan puasa! 

 

1. Makan banyak karena lapar saat berbuka
Siapa yang sering kalap saat berbuka puasa? Menahan untuk tidak makan dan minum hampir seharian penuh memang terkadang membuat kita semua ingin makan dengan jumlah banyak. Tapi kamu tahu nggak sih kalau hal ini adalah mitos belaka? Karena sebenarnya kamu tidak benar-benar merasa lapar, mengambil makanan dengan jumlah yang banyak bisa terjadi karena kebutuhan psikologis untuk makan bukan karena merasa lapar. Hal ini bisa berdampak bagi kenyamanan perut kamu lho! Jadi bedakan ya antara keinginan dengan kebutuhan tubuhmu. 

2. Tidak dapat berolahraga 
Siapa yang bilang kalau kamu nggak bisa berolahraga saat berpuasa? Olahraga di saat puasa justru dapat meningkatkan kesehatan otot lho! Hal ini disebabkan karena peningkatan hormon kortisol saat puasa yang dapat meningkatkan kerja dan kinerja otot kamu. Kamu dapat berolahraga di sore hari untuk menghindari dehidrasi berlebih saat berpuasa. Jadi tidak dapat berolahraga saat berpuasa adalah mitos ya sobat C’Lifers. 

3. Merasa mudah lapar 
Banyak orang yang berasumsi bahwa puasa dapat menyebabkan seseorang lapar berkepanjangan? Tapi sebenarnya hal ini nggak sepenuhnya benar lho sobat C’Lifers karena rasa lapar yang ditimbulkan tidak berlangsung lama, hanya sesekali saja. Jika kamu sudah terbiasa, justru tubuh kamu akan mulai membakar cadangan lemak dalam tubuh sehingga dapat menekan rasa lapar. Rasa lapar yang berlebihan terjadi di awal saja lho! Jadi tetap semangat ya bagi kamu yang menjalankan ibadah puasa. 

4. Merasa perut mual 
Yaps! Betul sekali! Puasa dapat menimbulkan efek samping seperti rasa mual. Rasa mual disebabkan karena kurangnya asupan air dan natrium yang menyebabkan tekanan darah menjadi rendah dan menimbulkan pusing dan mual saat berpuasa. 

5. Menjadi pelupa dan sulit berkonsentrasi 
Siapa yang percaya dengan pernyataan di atas? Kalau kamu percaya, berarti kamu salah persepsi nih sobat C’Lifers. Faktanya, dengan berpuasa justru sel-sel otak diproduksi lebih banyak yang dapat mencegah hilangnya memori. Selain itu, dengan berpuasa otak mengalami autofagi atau pembersihan sel yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif seseorang. 

6. Sakit kepala 
Fakta jika puasa sering kali menimbulkan sakit kepala dan pusing. Biasanya ini terjadi karena transisi diet garam yang rendah. Kamu dapat menambahkan asupan garam atau kaldu saat memakan sop saat berbuka sebagai solusinya. 

7. Kram otot 
Berpuasa artinya tidak mengkonsumsi apapun selama lebih dari 12 jam. Kekurangan kadar magnesium dapat menyebabkan kram otot. Jadi pastikan saat berbuka dan sahur kamu mengkonsumsi makanan tinggi magnesium seperti buah alpukat, pisang, dan brokoli. Selamat mencoba! 

 

Nah, sekarang kamu udah tahu kan sobat C’Lifers kalau tidak semua hal yang sering dirasakan itu fakta lho! Tetap jaga kesehatan selama berpuasa ya dan jangan lupa untuk berasuransi di www.ciputralife.com. Daftar sekarang dan rasakan berbagai manfaatnya! 

 

 

# Harap berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Ciputra Life
# PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan



Artikel Terkait